Pengamat Tata Kota: Jakarta Butuh Reklamasi

Ekonomi  SENIN, 30 MARET 2015 , 19:22:00 WIB

Pengamat Tata Kota: Jakarta Butuh Reklamasi

ILUSTRASI/IST

RMOL. Pakar tata kota dari institut Teknologi Bandung (ITB), Hesti D Nawangsidi mengatakan, reklamasi pantai utara Jakarta perlu dilakukan untuk mengakomodasi perkembangan ibu kota di masa depan.

"Pendapat tentang reklamasi yang ramai di media menunjukkan perhatian publik cukup besar. Oleh karenanya pandangan komprehensif tentang reklamasi perlu dikomunikasikan dengan baik. Sebab, kita harus lebih memahami manfaat reklamasi yang memang dibutuhkan Jakarta," kata Hesti di Jakarta, Senin (30/3).

Sebab menurut Hesti, luas daratan di kota Jakarta itu hanya sekitar 65 ribu hektare. Apalagi, wilayah bagian selatan Jakarta merupakan daerah resapan air untuk menjaga lingkungan. Sehingga, Jakarta harus memiliki inisiatif menyiapkan lahan baru untuk menampung perkembangan.

"Yang paling memungkinkan untuk pengembangan Jakarta adalah daerah Jakarta Utara," jelas Hesti.

Lebih jauh hesti menjelaskan, wilayah utara Jakarta perlu pembangunan yang jauh lebih baik. Sebab, saat ini kondisi lingkungan di daerah utara Jakarta relatif tidak memenuhi syarat.

"Dengan kata lain, kualitas lingkungan daerah Jakarta utara membutuhkan revitalisasi. Jadi, reklamasi sekaligus juga sebagai jawaban kebutuhan untuk revitalisasi daratan pantai lama di DKI Jakarta," jelas Hesti.

Menurutnya, Indonesia perlu belajar dari negara lain, seperti Singapura, Dubai, dan Belanda dalam keberhasilan membangun reklamasi pantai. "Jika dilihat dari segi engineering, hal itu hampir tidak diragukan lagi," jelas Hesti.

Namun, kata Hesti, masalah-masalah yang perlu diatasi untuk mendorong reklamasi adalah membangun kesepahaman bersama tentang reklamasi tersebut.

"Kita perlu membangun pemahaman yang lebih mendalam mengenai reklamasi, sehingga dapat dicapai persepsi dan opini yang obyektif," ujar Hesti.

Alasan yang pasti, tambah Hesti, Jakarta membutuhkan lahan yang luas untuk menampung perkembangan penduduk. Sebab, Jakarta akan tumbuh menjadi 12,5 juta jiwa pada 2030 mendatang.

"Ada atau tidak ada reklamasi, penduduk di Jakarta akan terus bertambah. Hal ini harus memiliki solusi. Perkembangan Jakarta diharapkan berorientasi ke utara karena daerah selatan merupakan daerah resapan," tukasnya. [adm]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00