RMOLJAKARTA

Home

Share |
Wisatawan Meningkat, Kepulauan Seribu Usulkan Pembangunan Dermaga
Kamis, 14 Mei 2015 , 16:22:00 WIB

KEPULAUAN SERIBU/IST
  

RMOL. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengusulkan pembangunan dermaga khusus penumpang, demi mempermudah akses pengunjung dari dan dalam luar negeri.

Menurut Bupati Kepulauan Seribu, Tri Djoko Sro Margianto, kebutuhan pembangunan dermaga itu sangat mendesak, lantaran jumlah wisatawan yang berkunjung meningkat signifikan. Sehingga, membutuhkan saran dan prasarana penunjang.

"Bukan hanya memperindah kawasan wisata, tapi juga menyediakan transportasi yang baik. Jadi, keterkaitan darat dengan laut itu tidak bisa dipisahkan," ujarnya saat dihubungi, Kamis (14/5).

Apabila Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyetujui usulan itu, lokasi pembangunan dermaga tersebut memakai lahan negara yang berada di kawasan Ancol. Agar dapat terealisasi, Pemkab Kepulauan Seribu siap menggandeng swata guna mengelola transportasi antarpulau.

"Dengan merangkul swasta, kita dapat mengatur transportasi antarpulau semacam feeder dan sub-feeder antarpulau," katanya. "Saat ini, transportasi antar pulau masih belum ada," imbuh Tri.

Pariwisata Kepulauan Seribu meningkat tiap tahunnya. Setiap akhir pekan dari Pelabuhan Muara Angke, jumlah pengunjung sekitar 400-500 bertolak ke beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Bahkan, ada yang berangkat dengan kapal barang. [jpn/tah]


Baca juga:
Perlu Ditinjau MoU dan Sejarah 30 Pulau di Kepulauan Seribu Dikuasai Swasta
Politikus Nasdem Dukung Jokowi Panggil RS Swasta yang Tolak BPJS Kesehatan
30 Pulau Dikuasai Swasta, Eks Wagub Jakarta Bilang Kolusi Mungkin Terjadi
Ini Daftar Penguasa 30 Pulau di Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu Diwacanakan Jadi Lokasi Perkemahan Pramuka Madrasah


Komentar Pembaca

Pulau Fam Raja Ampat Jadi Konservasi, Penangkapan Ikan Dilarang





Berita Populer