PTSP DKI Kalah Mutakhir Dibanding BPPT Bandung

Polhukam  SABTU, 13 JUNI 2015 , 14:37:00 WIB | LAPORAN:

PTSP DKI Kalah Mutakhir Dibanding BPPT Bandung

ist

RMOL. Penerapan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta kalah mutakhir dengan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) di Bandung, Jawa Barat.

Demikian dikatakan Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Riano P Ahmad, saat disinggung soal hasil kunjungan kerjanya (kunker) ke Kota Kembang, beberapa hari lalu.

Dalam mengurus perizinan atau dokumen, katanya mencontohkan, warga Bandung tidak perlu ke kantor BPPT. Namun, bisa dari rumah dengan memakai komputer atau laptop.

Sebab, imbuh bendahara DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, BPPT yang diadopsi Pemkot Bandung menerapkan sistem dalam jaringan (online). "Ini belum diterapkan di Jakarta. Jadi, di kantor PTSP selalu ramai dan lama," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (13/6).

Dengan demikian, kata Riano, maka calon perizinan secara efektif dapat dipangkas. Pasalnya, warga Bandung tinggal mengakses situs BPPT dan di dalamnya terdapat panduan, sehingga sangat memudahkan. "Jika salah satu syarat tak terpenuhi, tidak bisa jalan sistemnya," bebernya.

Atas dasar itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI disarankan menerapkan kebijakan serupa. "Memang Bandung lebih kecil dari Jakarta. Tapi, tak ada salahnya untuk mencoba sistem itu," pungkas Riano. [tah]


Komentar Pembaca
Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

Chappy Hakim - Tanah Air Udara ( Part1/1 )

RABU, 14 AGUSTUS 2019 , 18:32:35

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

Setelah Rekonsiliasi, Apa Buat Rakyat?

JUM'AT, 09 AGUSTUS 2019 , 20:57:59

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

PLN, Mafia Dan Kontrak Bawah Tanah

KAMIS, 08 AGUSTUS 2019 , 20:02:09