Petugas Haji Harus Mampu Memecahkan Masalah Bukan Meninggalkan Masalah

IKLAN Kemenag  SENIN, 22 JUNI 2015 , 16:07:00 WIB

Petugas Haji Harus Mampu Memecahkan Masalah Bukan Meninggalkan Masalah

Direktur Pembinaan Haji, Muhajirin Saat pembekalan ppih arab saudi 2015/Kemenag

RMOL. Kementerian Agama mengakui salah satu kendala yang dihadapi petugas haji adalah, mental sebagian besar calon jamaah haji Indonesia yang ingin minta dilayani.

"Itu salah satu tantangan petugas, namun demikian, memang sudah jadi kewajiban petugas selaku abdi negara pelayan jamaah untuk berusaha mewujudkan keinginan jamaah dengan sebaik-baiknya," pinta Muhajirin, Direktur Pembinaan Haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, saat mengisi materi sebagai nara sumber dalam kegiatan pembekalan petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, belum lama ini.

Selain itu, kata Muhajirin, dokter harus melakukan kunjungan ke kamar-kamar atau pondokan jamaah, itu sebenarnya jauh lebih efektif dari pada menunggu di kamar. Di samping itu, petugas juga harus peka melihat keadaan di sekelilingnya.

"Misalnya, melihat ada orang yang diam aja di tempat thawaf maka hampiri, tanya pak apakah sudah thawaf atau belum, kalau belum, sudah menjadi tugas petugas haji untuk membimbing, memberitahu dan membantunya dengan baik dan benar," katanya.

Dengan begitu, kata Muhajirin, petugas mampu memecahkan masalah bukan sebaliknya meninggalkan masalah. Petugas juga dituntut bisa maksimal memberikan perlindungan keamanan untuk jamaah.

"Tingkatkan kewaspadaan, sebab saat puncak pergerakan jamaah haji, rawan terjadi tindak kejahatan. Misalnya, jangan dianggap di dekat Masjidil Haram tidak ada copet. Tahun lalu, banyak muncul kasus pencopetan, yang korbannya jamaah haji Indonesia. Jadi, di sana juga ada copet. Dan petugas haji harus meningkatkan kewaspadaannya," pesan Muhajirin. (Adv)
 

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45