TDL dan BBM Bakal Naik, Pemerintah Dinilai Tak Punya Rasa Kemanusian

Nasional  SABTU, 15 AGUSTUS 2015 , 09:24:00 WIB

TDL dan BBM Bakal Naik, Pemerintah Dinilai Tak Punya Rasa Kemanusian

ist

RMOL. Kabarnya, pemerintah bakal menaikan premium mejadi Rp 8 ribu per liter atau naik Rp 700. Sementara, TDL direncanakan naik pada sepuluh tarif tenaga listrik. Nantinya, tarif listrik non subsidi akan dipengaruhi nilai tukar rupiah atas USD, harga minyak dan inflasi.

Rencana ini mendapat penolakan dari Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Heri Gunawan. Ia menilai rencana pemerintah terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan Tarif Dasar Listrik (TDL), sebagai langkah yang sangat buruk.

"Nah, sekarang seluruh target penerimaan sedang turun. Ekspor migas atau non-migas defisit. Lalu dana untuk belanja negara dari mana? Ini merupakan konsekuensi yang rumit yang harus dihadapi," kata Heri di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (14/8).

Heri menilai, langkah itu akan sangat buruk jika benar-benar diterapkan. Sebab, harga minyak dunia sedang turun. Per 13 Agustus 2015, harga crude oil (Nymex) turun 0,09 atau saat ini berada di kisaran USD 43,21 per barrel.

"Kenaikan harga BBM dan TDL pasti memicu kenaikan ongkos operasional dan angkutan yang akan merembes pada naiknya harga-harga. Dan kenaikan itu akan sulit untuk turun lagi," tegasnya.

"Pemerintah sepertinya sedang menjebloskan rakyatnya yang sedang sulit menjadi tambah melarat. Rasa kemanusiaan pemerintah patut dipertanyakan," imbuh politikus Partai Gerindra itu. [jpn/zul]



Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00