Tumpeng Raksasa Pecahkan Rekor Dunia di Milan Expo

Peristiwa  SENIN, 17 AGUSTUS 2015 , 14:36:00 WIB

Tumpeng Raksasa Pecahkan Rekor Dunia di Milan Expo

Tumpeng raksasa pecahkan rekor dunia/ist

RMOL. Pembuatan tumpeng raksasa di Paviliun Indonesia dalam ajang bertajuk Milan Expo meraih penghargaan rekor dunia atau Guinnese World Rekor dan MURI.

Kegiatan yang disponsori Artha Graha Peduli (AGP) bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Italia dan Koperasi Pelestari Budaya Nusantara (KPBN) menghadirkan tumpeng dengan tinggi 2,08 meter dan berat 1.500 kilogram tepat pada perayaan HUT RI 70. Tumpeng tersebut akan disajikan lebih dari 1.000 pengunjung ekspo.

"Pemberian penghargaan rekor dunia ini merupakan kado terindah untuk Indonesia, dan komitmen AGP untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional," ujar Ronny Bratawidjaya pimpinan Artha Graha Peduli usai memimpin upacara di kawasan SCBD, Senin (17/8).

Ronny mengatakan peran Artha Graha untuk negeri harus diperluas khususnya dalam membantu veteran dan pejuang kemerdekaan. "Para veteran dan keluarganya mungkin perlu perhatian karena hidupnya kekurangan. Artha Graha harua siap membantu mereka," katanya.

Ronny menambahkan, Artha Graha merupakan bagian dati swasta yang turut menggelar upacara bendera guna mengenang jasa pahlawan dalam membangun Indonesia.

"Tema peringatan 17 Agustus kali ini dan di Milan 'The Marvelous', sebagai bentuk puji dan syukur atas 70 tahun kemerdekaan yang telah dinikmati Bangsa Indonesia," ujar Ronny.

Tumpeng tersebut dilengkapi dengan 17 lauk pauk sebagai perlambang tanggal 17, misalnya ayam goreng, empal, kering tempe, sambal goreng, urap dan lain-lain. Sementara 8 sebagai lambang bulan Agustus digambarkan dengan delapan undakan yang ada di tumpeng tersebut. Sedangkan simbol 1945, tahun kemerdekaan Indonesia digambarkan dengan 19 rempah yang digunakan membuat mozaik garuda dan 45 tumpeng kecil yang mengelilingi tumpeng. [dka]

Komentar Pembaca