Gunung Slamet Masih Terbakar, Tim Gabungan Kesulitan Jinakkan Api

Nusantara  RABU, 26 AGUSTUS 2015 , 20:24:00 WIB

Gunung Slamet Masih Terbakar, Tim Gabungan Kesulitan Jinakkan Api

Gunung Slamet/IST

RMOL. Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Slamet masih terjadi hingga saat ini. Tim gabungan kesulitan untuk melakukan pemadamam.

Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB dalam keterangannya kepada RMOLJakarta, Rabu (26/8).

"Kebakaran hutan dan lahan yang melanda Gunung Slamet terjadi pada Senin (24/8) di ketinggian 2400 hingga 2700 meter dpal (di atas permukaan laut)," tegas dia.

Kebakaran hutan seluas 50 hektar di petak 58 lereng Gunung Slamet terus bergerak ke arah tenggara. Lima titik api sudah berhasil dipadamkan, dan 20 titik api masih terbakar.

"Tim BPBD Banyumas, TNI, Polri, Dinas Kehutanan, relawan dan masyarakat masih berusaha memadamkan api. Lokasi yang terbakar sulit dijangkau. Perlu waktu 7-8 jam jalan kaki untuk mencapai lokasi kebakaran," tambah dia.

Kendala utama adalah medan berat, angin kencang, cuaca kering, tidak ada air, dan sebagian api sudah membakar perakaran. Upaya pemadaman dilakukan secara manual dengan ranting, menutup api dengan tanah dan membuat sekat agar api tidak menyebar. [arp]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN