RMOLJAKARTA

Home

Share |
Antisipasi Banjir, Pemkot Jaksel Siagakan 32 Rumah Pompa
Selasa, 03 November 2015 , 11:37:00 WIB
Laporan:

IST
  

RMOL. Hujan deras yang menguyur sebagian Jakarta semalam (Senin, 2/11), pukul 20.00, merupakan tanda awal dimulainya musim penghujan.

Hujan deras dengan intensitas tinggi di ibukota, berpotensi menyebabkan banjir dan genangan air di berbagai pemukiman dan ruas jalan tiap tahun.

Guna mengatasi masalah rutin itu, Pemkot Jakarta Selatan melalui Sudin Tata Air telah menyiapkan sedikitnya 32 rumah pompa.

"Antisipasi banjir tahun ini, kita sudah siagakan 32 rumah pompa di 10 kecamatan," ujar Kepala Sudin Tata Air Jaksel, Dedy Budiwidodo, kepada RMOLJakarta, Selasa (3/11).

Menurutnya, mayoritas rumah pompa tersebut berfungsi dengan baik. Hanya satu yang rusak dan dalam proses perbaikan.

Sudin Tata Air Jaksel pun juga bakal menyiapkan mesin pompa stasioner untuk keadaan darurat. "Kita siap untuk mengatasi banjir tahun ini," bebernya.

Lebih jauh, Deddy memaparkan, seluruh SKPD/UKPD di Jaksel telah berkoordinasi dengan baik. Hasilnya, 75 persen perbaikan infrastruktur dan non-infrastruktur untuk mencegah banjir telah siap.

"Semuanya ideal sesuai dengan kebutuhan," yakinnya.

Persiapan lain yang dilakukan adalah perbaikan sejumlah saluran air, pembuatan sumur resapan, pengerukan kali, dan pembebasan lahan untuk waduk. [tah]


Baca juga:
Ahok Sesumbar Mampu Hadapi Banjir
Warga Keluhkan Penurapan Kali Cipinang
Menteri PUPR Janji 2017 Jakarta Bebas Banjir
Hadapi Banjir, Ahok Pastikan Pompa dan Saluran Air Berfungsi
Banjir di Jakarta Akibat Kesalahan Manajemen Air Hujan


Komentar Pembaca

Pulau Fam Raja Ampat Jadi Konservasi, Penangkapan Ikan Dilarang





Berita Populer