RMOLJAKARTA

Home

Share |
Mimpi UMKM Go Internasional
Minggu, 13 Desember 2015 , 12:25:00 WIB

UKM/IST
  

SUDAH lama diberitakan bahwa Negara RI ikut serta dalam pertemuan APEC yang dilaksanakan pada 23-24 Mei di Boracay Island, Provinsi Aklan, Filipina.

Dalam pertemuan tersebut para menteri perdagangan dari seluruh negara anggota APEC membahas beberapa langkah yang akan diambil untuk membuka sumber-sumber perdagangan dan pertumbuhan investasi yang baru dan belum dimanfaatkan secara maksimal.

Agar, manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan pelaku usaha di masing-masing negara anggota APEC .

Kabar baiknya bagi Anda para pelaku UMKM yang berencana ataupun sudah melakukan ekspor penjualan produk ke Luar Negeri, keikutsertaan RI dalam forum multilateral seperti APEC akan mampu meningkatkan ekspor Indonesia.

Hal ini dapat dilihat dari data statistik negara-negara yang menjalin hubungan perdagangan dengan Indonesia terbesar adalah dari negara-negara anggota APEC.

Indonesia mencatat data perdagangan ekspor ke negara-negara anggota APEC mencapai 73 persen dari total nilai ekspor Indonesia ke negara lain di seluruh dunia.

Urutan terbesar nilai ekspor adalah ke Jepang yang mencapai USD 27 Miliar sedangkan yang terendah adalah Brunei Darussalam yang mencapai USD 123 Juta.

Seringkali UMKM malas untuk ekspor produknya sendiri walau pasar internasional sangat memerlukan produk tersebut.

Di sisi lain memang ekspor produk memerlukan skill tersendiri khususnya dalam bernegoisasi serta memiliki memahami ilmu ekspor terkait regulasi serta proses ekspedisi.

Disinilah sebenarnya kesempatan untuk saling sinergi

Oleh Eks Kepala BKPMD DKI Samsul Hadi


Baca juga:
Tips Membeli Saham IPO UKM
Mengenal IPO Khusus UKM
Ahok Bakal Berikan Kredit Rp1 Triliun untuk UMKM DKI, Tapi...
Wow! Pelaku Pemalsu Dokumen Bisa Raup Keuntungan Rp10 Juta Perhari
Resmikan Gerai Bisnis UKM


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer