Peran Penting Perguruan Tinggi Terhadap UMKM

Titik Koma  MINGGU, 13 DESEMBER 2015 , 14:11:00 WIB

Peran Penting Perguruan Tinggi Terhadap UMKM

IST

SEPERTI yang diamanatkan UU, perguruan tinggi harus memiliki peran kontribusi terhadap masyarakat berupa pengabdian. Hal ini bertujuan untuk memberikan solusi dan pemecahan terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat.

Perguruan tinggi merupakan stakeholder yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat, khusus usaha kecil menengah.

Seperti yang dikutip Karsidi (2005) dari LPPM UNS (2005), bahwa masing-masing stakeholder UMKM masih berjalan terpisah.

Seharusnya semua stakeholder utama bisa saling bersinergi dalam mengembangkan UMKM.

Karsidi kemudian mengidentifikasi peran perguruan tinggi dalam menyiapkan SDM UKM, yaitu melakukan pengembangan desain dan standarisasi kualitas, pelaksanaan dan aplikasi kepada masyarakat warga belajar, pembukaan training centre dan show room hasil produksi.

Model Tridharma perguruan tinggi di bidang pengabdian masyarakat bukan hanya ada di Indonesia. Sejumlah universitas di dunia secara rutin juga mengeluarkan laporan tentang interaksi dan kontribusi mereka terhadap masyarakat lokal di sekitar kampus atau masyarakat.

Arah pengabdian yang dilakukan juga disesuaikan dengan kurikulum inti atau program pendidikan yang mereka lakukan.

Di Jepang, Tokai University (TU) telah melakukan riset untuk kepentingan masyarakat lokal mencapai 900 sampai 1000 kontrak per tahun dengan anggaran mencapai 2.000 juta yen per tahun.

TU juga telah berkontribusi memberikan kuliah khusus terhadap anak-anak sekolah, dewasa, memberikan pembekalan terhadap para guru, memberikan jasa konsultasi terhadap kebijakan pemerintah daerah dan memperkenalkan sistem energi terbaru.

Di USA, University of Washington juga melaporkan kontribusi mahasiswa mereka terhadap masyarakat. Bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah layanan volunteer, magang, penelitian dosen, and kuliah kerja nyata (KKN).

Sedangkan untuk alumni, aktifitas pengabdian masyarakat mereka meliputi dukungan penampungan tunawisma, sekolah alumni organisasi, kampanye politik, dan keamanan publik.

Dalam bentuk yang lebih khusus terhadap UKM, JISC Scholarly Communications Group mengeluarkan sebuah laporan yang berjudul 'Study on The Availability of UK (United Kingdom) Academic, Grey Literature to UK SMEs'.

Laporan ini menjelaskan pola interaksi dan transfer keilmuan lembaga pendidikan terhadap UKM di Inggris dalam bentuk konsultasi, pelatihan, dan kesempatan jaringan serta klub bisnis.

JISC merekomendasikan peran universitas dalam penyediaan literatur untuk pengembangan bisnis UKM yang mudah diakses seperti melalui website dan dorongan melakukan penelitian dalam menunjang operasional UKM yang lebih baik.

Oleh eks Kepala BKPMD DKI, Samsul Hadi


Komentar Pembaca
Mimpi UMKM Go Internasional

Mimpi UMKM Go Internasional

MINGGU, 13 DESEMBER 2015

Tips Membeli Saham IPO UKM

Tips Membeli Saham IPO UKM

SABTU, 12 DESEMBER 2015

Mengenal IPO Khusus UKM

Mengenal IPO Khusus UKM

SABTU, 12 DESEMBER 2015

MEA: Strategi Marketing UMKM dengan Pendekatan <i>New Wave Marketing</i> (2-Habis)
MEA: Strategi Marketing UMKM dengan Pendekatan <i>New Wave Marketing</i> (1)
9 Tips Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses
Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

Said Aqil Cocok Gantikan Menteri Agama

SABTU, 24 JUNI 2017 , 13:00:00

Pesan SBY Untuk AHY

Pesan SBY Untuk AHY

SABTU, 24 JUNI 2017 , 10:00:00

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

Resmi Tersangka, Hary Tanoe Akan Diperiksa

JUM'AT, 23 JUNI 2017 , 17:00:00

Teken MoU

Teken MoU

SELASA, 20 JUNI 2017 , 16:19:00

Bukber Blue Bird

Bukber Blue Bird

SELASA, 20 JUNI 2017 , 20:05:00