RMOLJAKARTA

Home

Share |
Polisi Siapkan 1.500 Pesonel Amankan Misa Natal di 142 Gereja di Jakpus
Rabu, 23 Desember 2015 , 22:53:00 WIB
Laporan:

ILUSTRASI
  

RMOL. Polres Jakarta Pusat menyiagakan 1.500 personel untuk menjaga keamanan menyambut Natal dan Tahun Baru. Personel tersebut menjaga seluruh gereja yang ada di Jakarta Pusat.

Kapolsek Sawah Besar Kompol Ronald Purba mengatakan, untuk pengamanan difokuskan di kawasan Sawah besar, sebab di Sawah Besar terdapat obyek Vital seperti Katedral dan Istiqlal.

Ronal mengatakan, mulai Kamis (24/12) sore, petugas gabungan melakukan penyisiran di katedral. Selanjutnya secara berkala petugas melakukan pengemanan.

Lebih lanjut Ronald mengatakan, untuk kelancaran misa natal petugas akan melakukan pemeriksaan bagi seluruh jemaat yang akan mengikuti misa natal.

"Kita standbya bersama pihak terkait baik dari TNI maupun dari Satpol PP," ujarnya.

Lebih lanjut Ronad mengatakan mulai hari kamis, kawasan katedral akan padat, sebab pada hari kamis akan ada kegiatan maulid nabi di Masjid istiqlal.
Dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk bisa mencari jalan alternatif. Masih tentang pengamanan, pihaknya juga menggandeng ormas untuk menjaga kawasan.

"Kita juga merangkul ormas untuk pengamanan lingkungan," tuturnya.

Sementara itu Kasatppol PP Jakarta Pusat, Yadi Rusmayadi mengatakan, untuk kawasan Jakarta Pusat pihaknya menurunkan 600 personel untuk menjaga 142 Gereja. 142 gereja tersebut berada di Kawasan Gambir sebanyak 26 Gereja, Menteng 16 Gereja Senen 12 Gereja, Tanah Abang 14.

Gereja, Johar Baru 14 Gereja, Sawah besar 36, kemyoran 16 dan cempaka Putih 8 Gereja.

"Kitta lakukan penjagaan baik di dalam maupun diluar gereja berkoordinasi dengan pihak kepolisian," ujarnya.

Yadi mengatakan dari 142 Gereja ada dua Gereja yang akan mendapatkan personel tambahan yakni Gereja katedral dan Gereja Imanuel. Penambahan personel dilakukan karena dua lokasi tersebut akan dikunjungi Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Pada dasarnya sistem penjagaan sama, namun dua lokasi tersebut di tambah untuk memastikan kelancaran akses kendaraan," tuturnya.

Lebih jauh, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan, pihaknya telah menjalankan komunikasi intensif dengan pengurus gereja yang ada di Jakarta dan sekitarnya selama dua bulan belakangan.

Komunikasi dilakukan terkait tahapan pengamanan ibadah Natal dan Tahun Baru.

"Kami melakukan komunikasi intensif selama dua bulan belakangan ini. Contohnya, kami melakukan komunikasi dengan pengurus gereja. Agar pengurus gereja melakukan proses tahapan pengamanan yang baik," ujar Iqbal di Jakarta.

Dikatakan Iqbal, tahapan pengamanannya semisal jemaat harus melalui satu atau dua pintu saja untuk masuk ke dalam gereja.

"Mereka juga mendampingi kami untuk melakukan penggeledahan dan pemeriksaan terhadap jemaat. Karena, yang mengetahui jemaat-jemaat adalah pengurus gereja. Mana yang harus dicurigai dan sebagainya," ungkapnya. [prs]


Baca juga:
Polri Sebut Masyarakat Tak Perlu Resah Teror Saat Natal dan Tahun Baru
Polisi Juga Minta Pengurus Gereja Ikut Amankan Perayaan Natal
Hadapi Natal dan Tahun Baru, Polri Waspadai Teror ISIS
Pemkot Jaksel Perketat Pengamanan Gereja
Pemprov DKI Minta Aparat Keamanan Waspadai Peredaran Narkoba Saat Natal dan Tahun Baru


Komentar Pembaca

Pulau Fam Raja Ampat Jadi Konservasi, Penangkapan Ikan Dilarang





Berita Populer