Duh... Perbaikan Pedestrian di Jakpus Gunakan Material Bekas

Jakarta Pusat  KAMIS, 24 DESEMBER 2015 , 17:55:00 WIB | LAPORAN:

Duh... Perbaikan Pedestrian di Jakpus Gunakan Material Bekas

perbaikan pedestrian/ilustrasi

RMOL. Jelang pergantian tahun 2015, pemerintah kota Jakarta Pusat semakin gencar melakukan perbaikan kawasan. Selain untuk mempercantik, hal ini dilakukan untuk menanggapi laporan masyarakat melalui qlue.

Seperti yang terlihat pada pembangunan trotoar di Jalan AM Sangaji, tepatnya di depan Pasar Petojo Ilir, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat. Trotoar selebar tiga meter dengan panjang sekitar 200 meter terlihat menggunakan paving block bekas.

Sekilas terlihat, kondisi paving block yang kini sudah memenuhi median trotoar sepanjang sekira 20 meter itu terlihat baru, lantaran paving block sudah dilapisi cat berwarna merah.

Namun, mengamati lebih dekat susunan paving block yang hendak dipasang, terlihat jelas jika paving block merupakan material bekas.

Hal tersebut terlihat jelas dari kondisi paving block yang kotor dan penuh lumut kering. Selain itu, paving block berukuran 10 x 20 cm itu pun terlihat pecah dan keropos pada salah satu permukaan sisinya.

Penggunaan material bekas tersebut pun dibenarkan oleh Maman, salah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Binamarga Jakarta Pusat.

Dirinya menyampaikan, jika pemasangan paving block tersebut sesuai dengan instruksi Mondang selaku Kasi Binamarga Kecamatan Gambir.

"Iya bener pak, itu (paving block-red) bekas semua. Soalnya masih bagus juga, tinggal cet sedikit, udah keliatan baru lagi. Kalau kata pak Mondang, ini semua nanti buat di Jalan Sangaji, biar jalan rapih," ungkap Maman sembari menunjuk tumpukan paving block bekas yang tersusun di median trotoar,  Kamis (24/12).

Proyek pembangunan trotoar yang menggunakan material bekas tidak hanya terlihat di Jalan AM Sangaji, tetapi juga terlihat di Jalan Cideng, Jalan Hasyim Asyari dan Jalan Suryopranoto, Gambir, Jakarta Pusat.

Kasudin Bina Marga Jakarta Pusat, Aris  membenarkan jika ada pengerjaan perbaikan pedestrian di kawasan Jalan Hasyim Ashari, namun ppengerjaan tersebuut tidak memalui kontraktor ataupun lelang.

Perbaikan pedestrian tersebut dilakukan oleh satuan tugas (Satgas) Bina Marga. Paving Block bekas juga menggunakan Paving Blok dari Jalan Majapahit. "Iya memang itu menggunakan material bekas pedestrian di Jalan majapahit," tuturnya.

Lebih lanjut Aris mengatakan bahwa proyek tersebut dilakukan agar para PKL tidak kembali ke kawasan tersebut. Pasalnnya setelah dilakukan penertiban oleh satpol PP, pedestrian tersebut tidak terawat mengingat sudah puluhan tahun digunakan oleh PKL.

"Kita perbaiki agar PKL tidak kembali ke kawasan tersebut," tuturnya.

Aris mengatakan selain di Kawasan Gambir, pihaknya juga melakukan hal yang sama di kawasan Sawah besar, tepatnya di kawasan Karanganyar kemudian Kemayoran di Gang Laler, Tanah Abang di Benhil.

"Ini bentuk dukungan kita untuk merapikan Jakarta Pusat, ujarnya. [prs]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00