TIPS KECANTIKAN

Hati-hati! Kuteks Bisa Sebabkan Gangguan Hormon

Ragam  SABTU, 20 FEBRUARI 2016 , 11:52:00 WIB

Hati-hati! Kuteks Bisa Sebabkan Gangguan Hormon

Kuteks/IST

Waspada, Pakai Kuteks Berisiko Alami Gangguan Hormon

RMOL. Bagi kamu-kamu para wanita modern, tampil sempurna merupakan sebuah keharusan. Dan salah satu bagian terpenting yang harus diperhatikan adalah kuku. Untuk mempercantik kuku-kuku kamu, tidak hanya dengan dibersihkan atau dirawat, melainkan juga harus dipercantik.   

Kuteks atau yang dikenal sebagai cat kuku merupakan salah satu cara untuk mempercantik penampilan kuku-kuku kamu. Dengan pilihan warna yang bervariasi, tampilan jari-jemari akan semakin cantik dengan kuteks. Tapi, di balik warna-warna kuteks yang menarik ternyata terdapat kandungan berbahaya bagi kesehatan.

Disebutkan dalam laman www.techtimes.com, sebuah hasil penelitian menemukan bahwa kuteks mengandung bahan kimia berbahaya. Oleh sebab itu, penggunaan kuteks juga bisa mengancam kesehatan, terutama bagi orang yang terlalu sering mengaplikasikannya.

Bahan kimia berbahaya itu adalah Triphenyl phosphate atau TPHP yang berfungsi membuat produk kuteks tahan lama. Bahan tersebut juga digunakan untuk membuat plastik. Menurut penelitian, TPHP dapat mengganggu hormon karena kandungannya dapat menyerap pada tubuh dan masuk ke aliran darah.

Setelah melalui uji coba TPHP pada binatang, ditemukan bahwa terdapat gangguan reproduksi pada hewan. Dalam riset yang berbeda, TPHP diketahui juga dapat berdampak pada kegemukan. Meski belum ada penelitian lebih lanjut apakah memang sudah pasti bahwa zat tersebut mempengaruhi peningkatan berat badan. Tapi yang pasti, zat TPHP memang dapat mengganggu hormon.

Karena adanya fakta ini, maka disarankan agar jangan terlalu sering menggunakan cat kuku dan ketahui brand apa saja yang mengandung TPHP. Tips lainnya, hindari menghirup aroma cat kuku karena semakin kuat baunya, kadar racun dalam produk kuteks tersebut juga semakin tinggi. [mt/vem]



Komentar Pembaca