Kapolda Metro Minta Anggotanya Pakai Seragam Saat Penggerebekan

Polhukam  KAMIS, 03 MARET 2016 , 03:30:00 WIB

Kapolda Metro Minta Anggotanya Pakai Seragam Saat Penggerebekan

kapolda metro irjen tito karnavian/ist

RMOL. Menyusul adanya aksi tembak yang menimpa anggota reserse narkoba Polres Jakarta Timur, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian memerintahkan jajarannya untuk berpakaian seragam saat melakukan aksi penggerebekan.

"Buat bahan evaluasi pada saat upaya penggerebekan, selain anggota polisi berpakaian preman muncul polisi yang berpakaian dinas supaya masyarakat tahu 'oh ini polisi yang bergerak'," kata Tito kepada wartawan, Rabu (2/3).

Menurutnya, terkadang anggota polisi saja sering sulit membedakan antara polisi dengan pelaku kejahatan.

Dirinya mencontohkan saat peristiwa terorisme di Jalan MH. Thamrin beberapa bulan lalu, saat itu Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya tidak tahu bahwa Sunakim alias Afif adalah salah satu teroris.

Sebab itu, agar peristiwa serupa tak terjadi. Dia mengharapkan selain ada polisi yang berpakaian preman juga perlu ada polisi berpakaian dinas.

"Kapolres sudah melakukan penjelasan kepada anggota, kemudian dia juga buat bahan evaluasi, karena kadang kita juga anggota polisi berpakaian preman, sehingga pada saat di jalan mereka melakukan tindakan, membawa senpi kadang masyarakat mengira apakah ini polisi penegak hukum atau pelaku kejahatan, kita kadang susah membedakan, problemnya di situ," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang anggota Polres Jakarta Timur, Briptu Umar Seno Aji ditembak oleh oknum TNI AL yang bertugas di Armabar, Kapten EM di Jalan raya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Selasa, (2/3) sekira pukul 20.30 WIB.

Penembakan itu terjadi akibat miskomunikasi antara keduanya. Karena tengah menggunakan pakaian layaknya preman, Kapten EM mengira bahwa Briptu Seno merupakan pelaku begal. Alhasil dirinya melayangkan timah panas kepada anggota kepolisian itu. [prs]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00