RMOLJAKARTA

Home

Share |
Bulan Depan, Pemkot Jaktim Bakal Ratakan Kawasan Berlan
Sabtu, 05 Maret 2016 , 20:36:00 WIB

PENGGUSURAN//RMOLJAKARTA
  

RMOL. Ratusan bangunan di Kawasan Berlan, Jakarta Timur dalam waktu dekat diratakan dengan tanah.

Pemkot Jakarta Timur menargetkan bulan depan seluruh bangunan yang berada tepatnya di Jalan Slamet Riyadi 4 Berlan, Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, telah ditertibkan.

Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana mengatakan, saat ini tim dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) masih melakukan pengukuran di permukiman sisi bantaran Kali Ciliwung tersebut.

"Masih proses pengukuran, saya tinggal menunggu hasil dari BPN pastinya berapa bangunan. Rencananya memang ada dua RW, yaitu RW 03 dan 04," kata Bambang kepada wartawan, Sabtu (5/3).

Bambang melanjutkan, penertiban di kawasan tersebut rencananya akan dilakukan pada April 2016. Warga yang bangunan ditertibkan akan direlokasi ke Rusun Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur terlebih dahulu.

Bambang menuturkan, proses penertiban dilakukan secara bertahap. Setelah proses pengukuran selasai, nantinya segera dikirim surat peringatan (SP).

"Rencananya minggu depan kami akan rapat teknisnya. Mekanismenya kan pemberitahuan, pematokan, pengkuran, kami data siapa yang pindah (ke rusun) baru SP 1 sampai 3," tuturnya.

Sementara itu, Ketua RW 04 Teguh Waluyo mengatakan, di wilayahnya terdapat 186 bangunan yang akan ditertibkan. Permukiman tersebut berada di wilayah RT 01, 08, 09, 10, 11 dan 12.

"Dari jumlah itu, yang hunian warga itu 181 bangunan, sisanya ada 2 musala, 1 masjid, bangunan Koperasi Jasa Kelurahan (KJK) dan Sekretariat RW. Jumlah warganya kurang lebih 600-an jiwa," ujar Teguh

Teguh menjelaskan, selain dilakukan pengukuran, warga juga diminta identitas serta berkas lainnya yang berhubungan dengan bangunan yang didirikan warga. [prs]


Baca juga:
Pembongkaran Bangunan Liar di Kolong Tol Soedyatmo
Pemkot Jakut Bongkar Bangunan Liar di Kolong Tol Pluit
Pemprov DKI Pertahankan Masjid di Kalijodo
Dugaan Imbalan Dibalik Penggusuran Pedagang Binaan UMKM Jakpus
Ahok Tegaskan Senin Depan Kalijodo Bakal Dibongkar

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer