RMOLJAKARTA

Home

Share |
Seluruh Sekolah di Jakut Bakal Dilatih Kelola Bank Sampah
Rabu, 23 Maret 2016 , 04:30:00 WIB
Laporan: Dody Pranowo

BANK SAMPAH/IST
  

RMOL. Seluruh siswa sekolah yang berada di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara bakal dilatih mengelola bank sampah.

Langkah itu dilakukan agar siswa memiliki kemampuan untuk menjadikan sampah memiliki nilai ekonomi sekaligus memberikan kreativitas kepada siswa bagaimana cara mengelola sampah menjadi barang yang bisa dijual.

Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda mengatakan, seluruh sekolah dari jenjang SD hingga SMA di Kecamatan Tanjung Priok, akan memiliki bank sampah.  

"Kami akan lakukan dengan program reduce, reuse dan recycle atau mengurangi, menekan, dan mendaurulang sampah menjadi barang bernilai dan memiliki nilai ekonomi," katanya, Selasa (22/3).

Saat ini, kata Syamsul, beberapa sekolah di wilayah Kecamatan Tanjung Priok sudah memiliki bank sampah antara lain, di SMPN 114, SMAN 80 dan SDN 09 Sunter Agung.

"Untuk mensosialisasikan pentingnya bank sampah di sekolah, kami terlah mengundang 82 sekolah dari tingkat SD hingga SMA baik negeri maupun swasta dan akan diberikan pemahaman bagaimana cara mengelola bank sampah," kata Syamsul.
 
Dia menambahkan, jika siswa di sekolah sudah mampu mengalola sampah melalui bank sampah, maka kemampuan itu tentu akan dibawa di dalam keluarga dan masyarakat, sehingga sampah bisa berkurang dan bisa dimanfaatkan menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi. [prs]


Baca juga:
Tekan Sampah ke Bantargebang, Setiap RW di Cilincing Akan Didirikan Bank Sampah
Seluruh Kelurahan di Jakut Diminta Segera Wujudkan Bank Sampah
Pemkot Jakut Terus Genjot Pembentukan Bank Sampah
15 Siswa Kalijodo Sudah Disalurkan ke Sekolah di Marunda
Sanksi Menanti Bagi Sekolah Yang Tidak Bebas Jentik Nyamuk


Komentar Pembaca

Tak Usah Tanyakan Reshuffle





Berita Populer