Aktivis Antikorupsi: KPK Harus Telisik BPK!

Polhukam  JUM'AT, 15 APRIL 2016 , 10:00:00 WIB | LAPORAN:

Aktivis Antikorupsi: KPK Harus Telisik BPK!

Ery Setyanegara/Ist

RMOL. Aktivis antikorupsi dari Jaringan Pemberantasan Korupsi (JPK) di Jakarta, Jumat (15/4) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelisik kinerja Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), karena untuk memastikan bahwa lembaga itu bebas dari praktik korupsi dan suap.

"Saya mendapat banyak usul dari teman-teman kepala daerah agar KPK juga menelisik BPK," kata Presiden JPK, Ery Setyanegara menyikapi kontroversialnya audit BPK atas pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemerintah DKI Jakarta yang sekarang ditangani KPK.

Menurut Ery yang juga sedang mencalonkan diri menjadi bupati di Kabupaten Pringsewu, Lampung ini, KPK sudah banyak menjerat penegak hukum mulai dari jaksa, hakim, dan polisi, lalu kepala daerah, petugs pajak, dan anggota dewan.

"Sekarang saatnya KPK menelisik auditor BPK dan petingginya," kata Ery.

Ery menambahkan, BPK adalah lembaga strategis yang harus ditelisik, karena hasil auditnya bisa menentukan masa depan seorang kepala daerah atau pejabat di depan penegak hukum. Dengan begitu, bila auditornya masuk dalam kepentingan politik atau tidak jujur, hasil auditnya juga membahayakan orang lain.

"Begitu juga sebaliknya, bila auditornya bersih maka selamat lah negeri ini," kata Ery. [xta]

Komentar Pembaca