Seniman Reyog Ponorogo Ingin Ditampilkan di Bandar Udara Soekarno-Hatta

Peristiwa  SELASA, 31 MEI 2016 , 12:38:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Seniman Reyog Ponorogo Ingin Ditampilkan di Bandar Udara Soekarno-Hatta

Reyog Ponorogo/Widodo Bogiarto

RMOL. Untuk melestarikan budaya nasional sekaligus mempercantik Terminal III Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kelompok seniman usul kepada pemerintah memasang ornamen serta properti yang berhubungan dengan seni budaya dan kearifan lokal, seperti Reyog Ponorogo.

"Kami yakin yang datang ke Terminal III akan berebut mendokumentasikannya melalui foto dan berselfie. Dan itu menjadi bagian dari promosi warisan budaya Indonesia," kata Sekretaris Komunitas Reyog Ponorogo (KRP), Mohammad Syaiful Jihad, Selasa (31/5) di Jakarta.

Selain memasang properti dan ornamen, kata Syaiful, dia juga berhadap PT Angkasa Pura II juga memberi ruang untuk reog bisa tampil dalam pementasan seni secara berkala.

"Selain atraktif pasti juga akan sangat menghibur," ujar Syaiful.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Budi Karya berencana mempercantik Terminal III dengan sebuah lukisan dan patung besar.

Untuk lukisan ada sekitar 20 lukisan ukuran besar yang akan dipajang di ruang terminal III. Sementara patungnya adalah sebuah patung garuda berukuran 18 meter.

Salah seorang pelukis ternama, Sardono W. Kusumo mengatakan, dia diminta membuat lukisan. Salah satu tema yang diangkat adalah sebuah dimensi ruang, di mana di situ ada kecepatan dan ketinggian. [xta]

Komentar Pembaca
Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

Gerindra Tolak Revisi UU KPK, Ada Apa?

SABTU, 14 SEPTEMBER 2019 , 06:44:37

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

Jokowi Teruji dalam Hal Kegagalan

KAMIS, 12 SEPTEMBER 2019 , 00:45:19