RMOLJAKARTA

Home

Share |
Petugas Periksa Hewan Kurban di Jakpus
Jum'at, 02 September 2016 , 14:02:00 WIB
Laporan: Lopi Kasim

HEWAN KURBAN / NET
  

RMOL. Pemkot Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakpus, terus melakukan pemeriksaan sejumlah hewan kurban yang dijual pedagang.

Hasilnya, petugas menemukan lima ekor hewan kurban yang belum cukup umur, namun tetap dijual.

Menurut keterangan Kepala Suku Dinas KPKP Jakpus, Bayu Sarihastuti, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan sejak Rabu (31/8), sampai hari ini, Jumat (2/9), sudah enam penampungan di dua kecamatan yang diperiksa. Yakni, Kecamatan Tanah Abang di Jalan Pam Baru Raya, Jalan KH Mas Mansyur, dan Kemayoran di Jalan Selaparan, Gang Laler, dan Jalan Lumba-lumba.

"Saat ini sudah 336 hewan yang telah diperiksa, rinciannya 164 sapi, 172 kambing dan satu ekor sakit dan lima ekor belum cukup umur," kata Bayu, Jumat (2/9).

Setelah diperiksa, kata Bayu, tempat penampungan hewan kurban tersebut dipasang stiker dan spanduk yang menyatakan lokasi telah diperiksa berikut data hewan yang sehat, sakit atau belum layak menjadi hewan kurban.

"Jika ada hewan sakit atau belum cukup umur kami tandai dengan dicat tanda X, agar masyarakat tahu," kata dia.

Pihaknya, kata Bayu, akan terus melakukan pemeriksaan hewan kurban hingga menjelang hari Raya Idul Adha 12 September 2016 mendatang.

Untuk melakukan pemeriksaan, pihaknya mengerahkan sebanyak 25 petugas untuk melakukan pemeriksaan yang telah mendapatkan rekomendasi dari Camat dan Lurah.

"Petugas tersebut dibagi dalam tiga tim dan setiap tim ada satu dokter hewan serta penyuluhan dan jika lokasi penampungan ilegal tidak akan diperiksa petugas," kata dia. [ipk]


Baca juga:
Ahok Larang Berjualan Hewan Kurban Di Pinggir Jalan
Periksa Hewan Kurban, Sudin KPKP Jakut Gandeng PDHI IPB
Gandeng Lazismu dan Lazisnu, Bintang Toedjoe Gelar Kurban 2016
Pemkot Jakpus Waspada Hewan Kurban Terjangkit Antraks dan Cacing Pita
Awal September, Pemkot Jakpus Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer