Walikota Jaktim Getol Perangi Nyamuk Penyebab DBD

Jakarta Timur  JUM'AT, 02 SEPTEMBER 2016 , 16:22:00 WIB | LAPORAN: H. SULIMAN PAKPAHAN

Walikota Jaktim Getol Perangi Nyamuk Penyebab DBD

Walikota Jaktim Bambang M / RMOLJAkarta

RMOL. Pemkot Jakarta Timur sangat gencar memerangi nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana terjun langsung dalam memerangi DBD. Dia melakukan monitoring Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Jalan DR. KRT. Radjiman Widyodiningrat RT 001/RW 06, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jumat (2/9).

Usai monitoring, Bambang menyempatkan bertatap muka dengan para kader Jumantik dan tokoh masyarakat setempat.

Walikota menekankan pentingnya melakukan PSN dalam upaya mencegah berjankitnya penyakit DBD.

Upaya Walikota tak sia-sia, terbukti pada awal Agustus 2016 lalu, kasus DBD di Jakarta Timur berada di urutan ke empat dari lima wilayah kota dan satu kabupaten administrasi di Provinsi DKI Jakarta. Padahal sebelumnya sempat berada di urutan pertama pada awal bulan Juni 2016.

"Untuk itu seluruh kader Jumantik diharapkan lebih teliti dalam melaksanakan PSN dalam menekan angka kasus DBD di Jakarta Timur," kata Walikota.

Bambang menambahkan, kepada seluruh Kader Jumantik bukan hanya mencatat data saja, namun juga memberikan edukasi kepada warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan untuk memberantas sarang nyamuk.

"Jadi saya tidak mau lagi hanya mencatat saja. Karena identiknya berupa laporan asal bapak senang (ABS). Nah disini jumantik harus memiliki misi menyampaikan cara efektif dalam PSN idealnya yaitu dengan melakukan  3M (menguras, menutup, dan mengubur)," kata dia.

Menurutnya, dalam mengatasi bahaya DBD tidak hanya diserahkan pada Jumantik. Kerja sama dan dukungan dari warga sangat penting dalam memerangi penyakit mematikan tersebut.

"Kita tekankan sekali lagi bahwa PSN itu tidak hanya cukup diserahkan kepada Jumantik, tetapi seluruh masyarakat harus ikut terlibat. Inilah peran dari tokoh-tokoh masyarakat Pak RW khususnya, kemudian pak RT untuk memberikan kesadaran kepada warganya, untuk perlunya kita memelihara kebersihan lingkungan. Kenapa? Karena kita perlu sehat. Ya kalau lingkungannya gak bersih, gak tertib maka gabisa sehat," kata dia.

Menurut Lurah Rawa Terate, Chairul Salam, pihaknya bersama RT/RW terus mewaspadai bahaya penyakit DBD. Dikatakan Chairul, secara khusus diberikan pengatahan kepada para kader Jumantik agar mengajak warga menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Arahan Jumantik terhadap seluruh warga untuk melakukan pola hidup bersih terus dilakukan. Jadi saat keliling, selain memantau jentik nyamuk, juga mendata warga jika ada yang sakit untuk diarahkan ke Puskesmas," kata dia. [ipk]
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00