Bentuk Keluarga Mandiri, Bank BJB dan PKPU Lanjutkan Program PIK

Sosial  JUM'AT, 07 OKTOBER 2016 , 22:54:00 WIB | LAPORAN:

Bentuk Keluarga Mandiri, Bank BJB dan PKPU Lanjutkan Program PIK

Pelatihan menjahit dari program PIK Bank BJB dan PKPU/ist

RMOL. Lembaga Kemanusian Nasinonal PKPU secara intensif terus menjalankan Program Inkubator Kemandirian (PIK) bagi masyarakat ekonomi lemah.Kegiatan tersebut meliputi pelatihan menjahit, salon muslimah, desain grafis, sablon, dan pangkas rambut.

Ganjar Mutaqin, Direktur Inkubator Mandiri PKPU menyampaikan, pelatihan gratis ini bertujuan untuk memotivasi dan memunculkan kemauan berwirausaha, menggali potensi dan menumbuhkembangkan para Wirausahawan Baru.

"Kita ingin menanamkan etos kemandirian kepada peserta pelatihan. Membina, mendampingi para wirausahawan baru, khususnya dalam pendekatan bisnis. Melalui pelatihan ini peserta akan mendapatkan pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka untuk berusaha," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima RMOL Jakarta, Jumat (7/10).

Seperti yang dilakukan dua hari lalu di Bandung, terangnya. Program hasil kerjasama antara PKPU Jawa Barat dengan Bank BJB tersebut, memberi pelatihan menjahit kepada 30 rang peserta.  

"kegiatan pelatihan itu adlah untuk yang keemppat kalinya," ungkap dia.

Sedangkan Dede Syarifah, instruktur kelas menjahit PIK mengungkapkan, peserta pelatihan dibekali ilmu menjahit secara teori dan praktekakan. mereka akan dilatih selama lima bulan.

"Setelah selesai,peserta diharapkan memiliki kemampuan aplikatif yaitu bisa menjahit rok, baju, celana, jaket dan kemeja.Peserta diajarkan juga pengembangan dari materi-materi tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan, Siti Paryani mengungkapkan, Ia  bersyukur dengan adanya PPIK PKPU. Meskipun saat ini sedang mempunyai anak kecil ternyata tidak  menghambat dirinya untuk bisa belajar keterampilan yang dapat menjadi modal baginya, guna mengusahakan kehidupan yang lebih baik.

“Awalnya saya ragu. Tapi, setelah mendapatkan pengarahan pada acara orientasi peserta kemarin, saya semakin yakin untuk bisa mengikuti pelatihan sambil anak saya tetap bisa saya asuh”, ucap Siti Paryani. Bersama dengan Dzaki, anaknya yang berusia 2 tahun.

Mudah-mudahan, harapnya, setelah selesai ppelatihan nanti, ia bersama tetangga-tetangganya bisa membuka usaha menjahit."Dengan begitu saya bisa membuka lapangan pekerjaan,”, harapnya.

SedangkaN Kepala Cabang PKPU Bandung, Kiki Rejeki menyampaikan bahwa,  pelatihan wirausaha Bank BJB�"PKPU Bandung merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi dari CSR Bank BJB yang difasilitasi oleh PKPU. Ia menyatakan bahwa Program Klaster Berdaya yang dibesut oleh PKPU ini menyasar kepada pembentukan kemandirian keluarga yang disebut dengan Pilar Keluarga Berdaya. Keluarga  dikategorikan berdaya secara ekonomi yaitu ketika keluarga mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup anggota keluarganya dengan baik dan layak.

"Semoga kerjasama ini dapat terus berlanjut di kemudian hari melalui program-program PKPU lainnya, agar bisa memberikan manfaat lebih banyak lagi kepada masyarakat yang membutuhkan," ucapnya.[zul]



Komentar Pembaca
Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

Jangan Karena Cari Keuntungan Label Halal Dihapus

RABU, 18 SEPTEMBER 2019 , 12:31:48

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

Mengusung Tandu Toapekong Terbanyak

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019 , 08:22:15

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

Ada Enggar Di Balik Kasus Impor Pangan

SENIN, 16 SEPTEMBER 2019 , 01:14:11