Sudin Kesehatan Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

 JUM'AT, 11 NOVEMBER 2016 , 10:14:00 WIB | LAPORAN:

Sudin Kesehatan Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

RMOLJakarta

RMOL. Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur melakukan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), di Ruang Cempaka Lantai 5, Kantor Sudin Kesehatan Jaktim, Bali Mester, Jatinegara, Jumat (11/11).

Dalam acara tersebut dihadiri pula Pelaksana tugas (Plt) Asisten Kesmas Jakarta Timur, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun, anggota Komisi IX DPR RI, Ahmad Zainuddin dan   Kasubdit Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Rakhmat Nugroho.

Ketua Panitia Germas, Domdom Nadeak mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat.
"Khususnya terkait aktifitas fisik secara teratur dan terukur, konsumsi maka sayur dan buah serta melakukan deteksi dini penyakit agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud," kata Domdom.

Kegiatan ini sendiri ditandai dengan makan buah bersama seluruh tamu undangan yang hadir. Selain itu, penyerahan secara simbolik alat deteksi dini Penyakit Tidak Menular kepada anggota Komisi IX DPR, Ahmad Zainuddin.

Menurut Asisten Kesmas Jakarta Timur, Eric Pahlevi Zakaria Lumbun, kegiatan ini  sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat di wilayah Jakarta Timur.

"Kegiatan ini bekerja sama dengan Kemenkes dan Komisi IX DPR untuk mengubah pola hidup masyarakat Jakarta Timur untuk lebih sehat lagi kedepannya," harap dia.

Menurut Eric, penyebab kematian bukan karena dari kecelakaan saja, namun banyak diakibatkan gangguan kesehatan dan penyakit.

"Untuk itu, diharapkan menjauhkan diri dari merokok, begadang, pola makan tidak teratur dan rutin cek kesehatan," ujarnya.

Dengan adanya pola hidup bersih dan sehat, akan banyak membantu masyarakat dan diharapkan membiasakan memakan buah-buahan dan sayur-sayuran.

"Harapan kita untuk Jakarta Timur masyarakat memakan makanan yang sehat, tingkat kesehatan masyarakat meningkat dan usia harapan hidup lebih tinggi," pungkasnya.

Sementara itu, Kasubdit Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Rakhmat Nugroho mengatakan, ada tiga poin penting dalam gerakan masyarakat pola hidup sehat, diataranya melaksanakan aktifitas fisik setiap hari minimal 30 menit, makan buah dan sayur untuk melengkapi menu makanan sehat dan tes fisik kesehatan secara teratur setiap bulan.

"Untuk itu seluruh komponen elemen masyarakat harus semangat memberikan edukasi dalam melaksanakan pola hidup sehat," kata Rakhmat Nugroho. [ipk]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45