RMOLJAKARTA

Home

Share |
Tak Terasa, IZI Setahun Sudah Ternyata...
Jum'at, 11 November 2016 , 14:34:00 WIB

JAJARAN PENGURUS INISIATIF ZAKAT INDONESIA BERDOA BERSAMA DI HUT IZI YANG PERTAMA/HUMASPKPU
  

PERJALANAN melahirkan, menumbuhkan dan merawat  Insiatif Zakat Indonesia (IZI) tak terasa hari ini melewati masa satu tahun. Tanggal 10 November hari ini menjadi penanda umur IZI kini bersiap memasuki tahun keduanya. Perjalanan yang tak mudah, walau setahun seolah selintasan saja, ternyata di sepanjang perjalanannya kita mendapat begitu banyak pelajaran berharga.

Salah satu hikmah besar yang didapatkan kami dengan lembaga baru ini diantaranya kami kembali belajar. Belajar memahami gerakan zakat yang makin hari makin bergerak dinamis. Terlihat dipermukaan, gerakan zakat ini landai, tenang dan tanpa gelombang, namun faktanya tak banyak perahu melaju kencang di lansekap gerakan zakat tanpa hembusan angin yang kencang.

IZI, tepat hari ini berusia satu tahun sejak dilahirkan oleh PKPU. Tentu saja moment ini bukan moment yang harus dirayakan dengan gegap gempita, namun justru merupakan moment kesyukuran untuk terus melakukan muhasabah untuk bisa memperbaiki langkah.

Di moment yang sakral ini, IZI butuh semakin banyak dukungan dan do'a dari banyak pihak. Do'a agar IZI bisa dimudahkan untuk terus berkarya dan membangun kemudahan bagi dhuafa hingga mereka bisa hidup setara bahkan bisa meraih hidup yang lebih mulia.

Sudah sepantasnya pula dalam kesempatan ini, IZI   menyampaikan ucapan jazakumullah khairan jaza untuk semua dukungan dan do'a dari semua pihak, baik dari mustahik, muzaki, maupun dari sesama pejuang zakat di bumi Indonesia. Semoga pula kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT tercurah juga pada seluruh amil IZI. Semoga Allah mudahkan semua ikhtiar kita dalam memuliakan orang-orang dhuafa di seluruh penjuru negeri ini.

Tentu saja di moment yang mulia, yang juga bertepatan dengan moment hari pahlawan di 10 November ini tantangan yang dihadapi IZI berbeda dengan lembaga-lembaga zakat lainnya yang sudah terlebih dahulu lahir di negeri ini. IZI lahir tepat di saat lansekap zakat mengalami dinamika, bahkan lebih dari sekedar dinamika biasa atau lebih tepat dunia zakat sedang mengalami kontraksi. Perubahan besar akibat adanya perubahan regulasi yang akibatnya masih terasa hingga kini.

Indonesia yang kaya raya negerinya, pada dasarnya masih sanggup menampung lebih banyak lagi lembaga-lembaga baru yang lahir di negeri ini untuk bersama-sama berdiri membela para dhuafa. IZI yang lahir belakangan, sama sekali tak menambah sesak negeri ini dengan banyaknya lembaga, justru IZI hadir menjadi jembatan penghubung masalah yang ada agar tertuntaskan.

Indonesia dengan potensi zakatnya yang besar adalah negeri yang memang telah Allah anugerahkan banyak kekayaan alam yang melimpah baik dari darat, laut maupun di kedalaman bumi-nya. Semangat IZI adalah semangat memberikan nuansa baru kemudahan layanan program untuk dhuafa yang ternyata masih cukup banyak jumlahnya di negeri ini. IZI memiliki kesempatan untuk hadir di negeri ini dan berkolaborasi dengan banyak pihak menciptakan solusi-solusi kebaikan untuk persoalan umat Islam di Indonesia maupun di negeri-negeri muslim lainnya di seluruh dunia. IZI memang lahir dan tumbuh di Indonesia, namun di masa depan bukan tak mungkin menjadi duta bangsa untuk membantu sesama yang membutuhkan, hingga ke penjuru dunia.

IZI lahir dari rahim gerakan kemanusiaan yang selama ini terbukti keberpihakannya pada agenda-agenda umat dimanapun berada. Spirit ini yang menginspirasi IZI untuk memposisikan diri jadi bagian yang satu dengan gerakan zakat yang ada untuk membangun kesejahteraan para dhuafa. IZI di dalam desain awalnya telah disiapkan untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan semua langkah yang diayunkan dalam kerangka membangun kemaslahatan umat.

Semangat ini pula yang terus dinyalakan dan dijaga di dada  para amilin IZI agar semua sdm yang ada mampu menyatukan langkah, menjadikan spirit zakat sebagai spirit keadilan dan ketulusan dalam mensejahterakan penduduk negeri ini sehingga bukan hanya kekayaan dan kesejahteraan yang mewujud namun juga kecintaan pada ajaran-Nya menjadi bingkai keseharian kita semua.

Selamat Milad yang pertama, semoga Allah senantiasa memelihara niat dan menjaga keistiqomahan kita dalam berjuang memudahkan layanan zakat baik untuk para muzaki agar bisa mudah berzakat maupun memudahkan mustahik supaya ia menjadi mulia dan meningkat kesejahteraan hidupnya.

Semoga semangat memudahkan, dimudahkan terus mengiringi setiap helaan nafas kita dan menjadi inspirasi bagi gerakan kebaikan yang ada.

Hasbunallaha wanimal wakil, ni'mal maula wani'man nashir. Wallahua'lam bishowwab.

Nana Sudiana
Direktur Insiatif Zakat Indonesia (IZI)


Baca juga:
Musibah dan Sayap-Sayap Yang Patah
Sepenggal Duka di Sindangheula
Sabar Bukan Hanya untuk Korban Bencana
Derita Balita di Tengah Bencana
Masih Ada Modal Sosial di Tengah Bencana


Komentar Pembaca

Ongkos Ibadah Haji Setiap Tahun Naik Terus





Berita Populer

Teh, Kopi dan Filosofi Amil