RMOLJAKARTA

Home

Share |
Terisolir, HAI UEA-PKPU Lakukan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor
Rabu, 16 November 2016 , 23:56:00 WIB
Laporan: Zulfahmi Jamba

PENGOBATAN GRATIS OELH HAI UEA DAN PKPU DI DESA TERISOLIR DI KAWASAN BOGOR/IST
  

RMOL. Lembaga Kemanusian Nasional PKPU bekerjasama dengan donatur HAI Uni Emirat Arab, mengadakan Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Kampung Sindang Asih,
Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan,Bogor,Jawa Barat. Langkah tersebut dilakukan, karena lembaga kemanusian mendapatkan infromasi bahwa wilayah tersebut jauh dan sulit mendapatkan akses kesehatan

"Tujuan dari program kita adalah, untuk mendekatkan dan memberikan layanan kesehatan yang berkualitas bagi warga miskin yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari akses kesehatan itu," kata Manager Humas PKPU Muhammad Sukismo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, Rabu (16/11). .

Setelah disurvei, terangya, Kampung Sindang Asih memang memerupakan salah satu daerah terisolir dan tertinggal yang ada di wilayah Bogor. Terisolirnya desa tersebut, lanjutnya, karena akses jalan  menuju Kampung Sindang Asih rusak dan sempit serta hanya bisa dilalui oleh satu mobil. Jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan menuju kampung Sindang Asih yang dikelilingi perkebunan di kanan kiri jalan.

"Medannya sangat berbahaya karena banyak terdapat tanjakan dan jurang serta belokan yang sangat tajam," papar Sukismo.

Meskipun terpencil berada di tengah-tengah perkebunan, ungkapnya, pemukiman yang ada di kampung Sindang Asih lumayan padat dan ramai. Sayangya masyarakatnya masih banyak yang berperilaku buang air besar sembarangan di sungai maupun persawahan.

Dalam Aksi Prosmiling kali ini, terang Sukismo, PKPU mengadakan layanan preventif seperti penyuluhan mengenai Tumbuh Kembang Anak serta Pemberian Makanan Tambahan untuk balita.

"Prosmiling diawali dengan pengenalan PKPU dan penyuluhan mengenai Tumbuh Kembang Anak oleh ahli gizi dari Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Pamijahan," terang Sukismo.

Yang spesial dari Prosmiling kali ini, ungkapnya, semua tim medis yang terlibat berasal dari PUSTU Desa Pasarean. Masyarakat tampak akrab dan tidak asing lagi dengan tenaga medis yang memberikan layanan, sehingga semua layanan ramai oleh masyarakat yang berobat.

Dokter Fery Feryandi yang menjadi koordinator dari Tim Medis mengaku, sangat menyambut baik dengan adanya pengobatan gratis tersebut. Ia juga mengaku akan terus mensupport kegiatan–kegiatan baksos kesehatan di wilayahnya, terutama untuk kebutuhan tenaga medis.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan mulia dan sekaligus membantu program kesehatan dari PUSTU Desa Pasarean,” ujar Dokter Fery.

Semntara itu, Animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut juga tidak kalah semangatnya. Majelis Taklim RT 01 yang dijadikan lokasi pengobatan sangat ramai didatangin oleh warga. Dari awal pembukaan pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB, tak pernah sepi dari warga yang akan berobat. Jumlah penerima manfaatpun membludak, dari target yang direncanakan untuk pengobatan umum sebanyak 100 pasien menjadi  116 pasien.

Layanan gizi balitapun tak kalah ramainya, dari target 50 balita menjadi 113 anak balita mendapatkan penimbangan serta konsultasi gizi dari tim medis PKPU. Mereka  juga mendapatkan makanan tambahan atau PMT untuk membantu perbaikan gizinya.

Sedangkan ketua RT setempat Ardji (56) mengaku sangat terbantu dengan Program Prosmiling yang digelar. Pasalnya, saat ini banyak warganya yang terserang wabah penyakit gatal-gatal disertai nanah. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak dan balita.

"Para orang tua enggan membawa anaknya ke puskesmas terdekat karena meskipun jaraknya hanya sekitar 3 km, namun karena medannya yang sulit membuat jarak tempuhnya menjadi lama," terangnya.

“Alhamdulillah kedatangan PKPU ke Kampung Sindang Asih ini sangat membantu dan sangat peduli pada kesehatan. Saya sebagai ketua RT mewakili warga mengucapkan rasa terima kasih kepada Tim Medis dan PKPU,atas kepeduliannya kepada masyarakat kami. Semoga PKPU dan donatur HAI Uni Emirat Arab semakin sukses dan Allah membalas kebaikannya” ujar Ardji. [zul]


Baca juga:
PKPU Semarang Latih Relawan Siaga Bencana
Penghuni Rusun Marunda Ramai-ramai Daftar BPJS Ketenagakerjaan
Sudin Kesehatan Gelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Bangun Ketangguhan Anak, PKPU Ajak Anak Yatim Wisata Edukasi
Alhamdulillah, Warga Terdampak Banjir Garut Dapat Bantuan Rumah dari PKPU dan Pemkab


Komentar Pembaca

Tak Usah Tanyakan Reshuffle





Berita Populer

CLBK Dunia Zakat