Walhi Tak Terima Car Free Day Jadi Panggung Politik

 MINGGU, 04 DESEMBER 2016 , 14:01:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

RMOL. Manajer Program dan Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta, Zulpriadi mengecam keras ajang Car Free Day (CFD) berubah menjadi panggung politik. Hal ini tampak dari digelarnya kegiatan Aksi Kita Indonesia yang menggunakan ruas Jalan Sudirman-MH Thamrin, pada hari ini, (Minggu 4/12).

"Walhi sebagai salah satu lembaga pencetus lahirnya Car Free Day di DKI Jakarta merasa sangat dikecewakan dengan beralih fungsinya kegiatan Car Free Day menjadi panggung politik hari ini," kata Zulpriadi melalui siaran persnya.

Menurut Zulpriadi, dalam Aksi Kita Indonesia terlihat banyak atribut partai politik, pemakaian genset untuk panggung-panggung. Hal ini sangat menyalahi esensi dari CFD itu sendiri.

"Aktifitas parpol ini tentu sangat merugikan masyarakat yang niatnya ingin berolahraga dan menikmati akhir pekannya," kata Zulpriadi.

Zulpriadi menambahkan, Pemprov DKI Jakarta cenderung tebang pilih dan tajam ke bawah, tumpul ke atas dalam penegakan perda dan hukum.

Contohnya, Pemprov DKI Jakarta sangat massif melakukan penggusuran dan perampasan ruang hidup rakyat miskin kota yang melanggar perda tetapi diam disaat para pengembang properti reklamasi Teluk Jakarta  yang menabrak perda maupun undang-undang.

"Kami menekankan Plt Gubernur sekarang ini memberikan sanksi tegas terhadap pelanggaran pelaksanaan CFD ini dan memberikan keadilan hukum dan keadilan ruang terhadap warganya," tegas Zulpriadi. [ipk]

Komentar Pembaca
Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja
PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

PASANG SURUT CALON KETUA UMUM PAN

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2019 , 22:10:26

RIAU TOLAK RELAWAN DARI JAKARTA, ANIES MENJAWAB ELEGAN