RMOLJAKARTA

Home

Share |
2.123 Nelayan Dapat Asuransi
Jum'at, 16 Desember 2016 , 23:22:00 WIB
Laporan: Dody Pranowo

ASURANSI UNTUK NELAYAN / RMOLJAKARTA
  

RMOL. Sebanyak 2.123 nelayan kecil di Jakarta Utara memperoleh bantuan premi asuransi dari pemerintah pusat khususnya Dirjen Perikanan Tangkap Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Proses penyerahan kartu asuransi 100 persen gratis premi bagi nelayan berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cilincing, Jakarta Utara (Jumat, 16/12).

Walikota Jakarta Utara Wahyu Hariyadi mengatakan, asuransi ini sebagai bentuk kepedulian negara untuk mensejahterakan warganya terutama para nelayan kecil. Bahkan kartu asuransi nelayan ini juga sudah disahkan UU RI Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam pada 15 April 2016 lalu.

"Ini adalah wujud kepedulian negara untuk kesejahteraan para nelayan kecil yang ada di Jakarta Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya. Mudah-mudahan dengan kartu asuransi ini beban para nelayan akan dapat terkurangi," ungkap Wahyu Haryadi.

Sebab saat para melayan sedang melaut, risiko yang dihadapi cukup berat terlebih lagi dengan cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini. Makanya dengan memiliki kartu asuransi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi nelayan karena ada jaminan keselamatan kerja.

Para nelayan, kata dia, sangat berperan dalam menangkap dan membudidayakan hasil laut untuk pemenuhan gizi masyarakat.

Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni menegaskan, cover asuransi di antaranya meliputi, santunan kecelakaan, kematian, pengobatan dan kematian di luar pekerjaan. Klaim jaminan asuransi mencapai Rp 200 juta.

"Dengan risiko yang tinggi para nelayan harus mempunyai kartu asuransi. Kami berharap dengan memiliki kartu ini jika terjadi apa-apa ditengah laut mereka tidak khawatir lagi," ujar Darjamuni didampingi Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Rita Nirmala. [ipk]


Baca juga:
Kata Anies, Kemiskinan dan Polusi di Jakarta Ekstrim
Ada Game Agus Yudhoyono, Ketua KPU: Saya Belum Bisa Komentar
Sandi Janji Buatkan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus
Pengamat Ini Nilai Agus Lebih Baik Tak Ikut Debat Karena Ngebosenin
12 Februari, Ahok Diberhentikan Sebagai Gubernur


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Warga Pademangan Keluhkan Kinerja Petugas Jumantik
Tanggulangi Jalan Rusak, Pemkot Jakut Bentuk Tim Kuning
Pemkot Jakut Kesulitan Hilangkan Unggas dari Pemukiman Warga