RMOLJAKARTA

Home

Share |
Polres Jaksel Luncurkan Aplikasi 'Lapor Berantas Narkoba'
Kamis, 22 Desember 2016 , 18:05:00 WIB
Laporan: Prasetyo

  

RMOL. Polres Jakarta Selatan (Jaksel) meluncurkan aplikasi 'Lapor Berantas Narkoba'. Aplikasi ponsel pintar ini diluncurkan untuk menjaring informasi terkait narkoba yang ada di masyarakat.

"Ini merupakan satu terobosan kreatif yang luar biasa, salah satu kebijakan yang saya terapkan saat ini, saya ingin menggeser paradigama polisi, dari polisi reaktif menjadi proaktif," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan di Mapolres Jakarta Selatan, Jalan Wijaya II 42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/12)

Aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat dalam melapor soal narkoba. Sebab selama ini, menurut Iwan, masyarakat sebenarnya sudah mengetahui tentang penyalahgunaan narkoba namun mereka takut untuk melapor ke polisi. Karena itu, identitas masyarakat yang memberikan informasi akan dijaga kerahasiaannya.

"Oleh sebab itu apikasi ini sangat luar biasa, melindungi masyarakat tetapi masyarakat juga bisa kontribusi memberikan informasi dan bisa ditindaklanjuti oleh polisi," ujarnya.

Jaminan ini dilakukan agar masyarakat mau bekerjasama dengan polisi untuk berantas narkoba. Dengan itu, tidak ada lagi kerisauan yang dirasakan masyarakat saat memberikan informasi.

Untuk menggunakan aplikasi ini, masyarakat cukup mengunduh di sistem operasi Android. Di aplikasi itu, terdapat menu laporan sehingga warga bisa menuliskan informasi sekaligus lokasi kejadian. Masyarakat juga bisa memantau sejauh mana laporan mereka diproses.

"Pada saat akses itu akan kirim, itu keluar dengan warna merah, proses sedang berlangsung warna kuning, proses sudah ditindaklanjuti warna Hijau. Masyarakat akan sangat mudah mengetahui cara kerja kita," kata Kasat Narkoba Polres Jaksel Kompol Vivick Tjangkung.

Vivick menyampaikan masyarakat bisa melapor melalui aplikasi ini dalam 24 jam setiap hari. Aplikasi sudah dibuka sejak dua minggu lalu. Namun, belum ada laporan dari masyarakat yang masuk ke polisi terkait penyalahgunaan narkoba.

"Kami sudah sosialisasikan kepada masyarakat Jaksel dan ini akan terus bertahap," sambung Vivick.

Program ini akan terus dikembangkan. Ke depannya, polisi akan berkoordinasi dengan seluruh pemilik CCTV untuk dihubungkan atau disambungkan dengan aplikasi tersebut.

"Kami juga akan bekerja sama dengan seluruh para pemilik CCTV yang ada di wilayah Jaksel untuk kita connect-an, untuk mengawasi lingkungan tersebut dan tentunya kita butuh kerjasama masyarakat penuh," lanjutnya.[prs]


Baca juga:
Mantap! 3 Bulan Polda Metro Amankan Narkoba Senilai Rp26 Miliar
Markas Otmil II-8 Jakarta Musnahkan Narkoba Senilai Rp 9 Milyar
Buwas: Ada 664 Narkoba Jenis Baru!
Waspada! Beredar Ekstasi Bentuk Tokoh Kartun Minion
BNN Tangkap 2 Bandar Sabu di Aparteman Mediterania


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Tak Berizin, Tiang Telematika Dirobohkan