Pertama di Indonesia, MultiBike Siap Diluncurkan di CFD Kota Bekasi

Ekonomi  MINGGU, 25 DESEMBER 2016 , 03:04:00 WIB | LAPORAN: ZULFAHMI JAMBA

Pertama di Indonesia, MultiBike Siap Diluncurkan di CFD Kota Bekasi

kendaraan Multibike/ist

RMOL. Satu lagi sebuah ide kreatif diciptakan  untuk mendukung kegiatan olahraga, hiburan dan pariwisata. Ide yang diberi nama MultiBike atau Bus Genjot ini akan dihadir untuk pertamakalinya di ajang Car Free Day (CFD) Kota Bekasi, Minggu Pagi (25/12).

Penggagas MultiBike, Joko Waluyo mengatakan, sesuai dengan nama produknya, MultiBike merupakan sepeda dengan banyak fungsi. Kendaraan ini kombinasi sepeda dan mobil.

"Kami menciptakan kendaraan ini karena melihat pesatnya perkembangan dunia pariwisata beberapa tahun terakhir ini. Hal itu telah mendorong dan memberikan nilai positif terhadap kami untuk dapat ikut serta memberikan kontribusi terhadap dunia hiburan dan pariwisata di Indonesia agar semakin berkembang dan dikenal dunia internasional," katanya saat melakukan persiapan guna melaunching bus MultiBike tersebut di kegiatan CFD Kota Bekasi, Sabtu malam  (24/12).

Ide dasarnya, ungkap Joko, terinspirasi dari odong-odong dan sepeda lampu. Kendaraan multi fungsi ini didesain memang satu paket untuk kegiatan olahraga yang sekaligus bisa digunakan di tempat-tempat hiburan dan pariwisata.

"Bedanya dengan odong-odong, jika odong-odong yang mengowes atau yang menjalankannya abang-abangnya. Sedangkan MultiBike ini yang megowes dan menjalankan adalah penumpangnya. Kalau untuk kemiripan, mungkin lebih mendekati sepeda lampu, tapi ini lebih multi fungsi lagi," terang Joko.

Dinilai lebih multifungsi, paparnya, karena di atas MultiBike juga tersedia space yang dapat difungsikan sebagai mini bar atau mini cafe serta untuk televisi. Pemilik MultiBike bisa berjualan aneka minuman atau makanan ringan di atasnya.

"Jadi ini bisa dikatakan, kombinasi odong-odong, sepeda lampu dan mobile cafe. Penumpangnya bisa olahraga, makan dan minum dan sekaligus jalan-jalan. Makanya ini cocok digunakan di tempat-tempat wisata atau taman-taman hiburan," papar Joko.

Untuk jalannya kendaraan, penumpang tidak perlu terlibat menentukan arahnya. MultiBike memiliki seorang sopir yang bertugas mengendalikan arah dan laju kendaraan.

"Penumpang cukup tinggal mengowes, makan dan minum dan melihat sekelilingnya dengan santai, atau bercengkrama dan mengobrol dengan penumpang lainnya. Untuk urusan laju kendaraan, semua sudah ada yang mengatur," terang dia.

Saat ini, aku Joko, pihaknya baru membuat beberapa kendaran saja. Desain MultiBike dibuat oleh engineering yang telah berpengalaman dengan melihat sisi hiburan yang diperhitungkan juga untuk  sisi keamanan, kenyamanan dan ramah lingkungan.

"Kita memproduksi MultiBike bekerjasama dengan tenaga-tenaga ahli yang sudah professional dalam pabrikasi mekanikal maupun elektrikal dan di tunjang dengan workshop dan peralatan yang lengkap," ungkapnya.

Untuk kelengkapan komponen MultiBike, lanjut Joko, pihaknya juga sudah bekerjasama dengan beberapa distributor sparepart sepeda dan untuk komponen lain juga dari distributor yang sudah berpengalaman lama dalam hal pengadaan berbagai komponen yang dibutuhkan.

"Untuk fitur-fitur yang melekat dalam sepeda kreatif kami memilih yang mudah didapat tetapi dengan kwalitas yang terbaik. Sehingga sepeda kreatif benar-benar kami rancang sebaik mungkin," pungkasnya.[zul]



Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Jokowi Injak Merah Putih

Jokowi Injak Merah Putih

SENIN, 03 OKTOBER 2016 , 08:35:00

Seks Kilat Ala Gadis Belia di Salon Plus Benhil (4-Habis)
Juri Lomba Masak

Juri Lomba Masak

SENIN, 13 FEBRUARI 2017 , 14:28:00