RMOLJAKARTA

Home

Share |
TIPS KESEHATAN
Ingin langsing? Stop Ngemil di Malam Hari
Jum'at, 30 Desember 2016 , 19:11:00 WIB

ILUSTRASI/IST
  

RMOL. Bagi sebagian besar orang khususnya wanita, tubuh gemuk dan berat badan yang terus bertambah bisa membuat kecewa dan sedih. Tak jarang bisa membuat pikiran menjadi tidak karu-karuan alias stres. Nah, kalau sudah stres, tubuh pun jadi lebih mudah gemuk dan berat badan bertambah dengan cepat.

Bertambahnya berat badan, sebenarnya bisa disebabkan banyak hal. Bisa karena kondisi genetik seseorang yang membuatnya bertubuh gemuk meski telah menjaga pola makan sebaik mungkin, pola makan yang tidak teratur dan kurangnya aktivitas gerak dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ada sebab lain yang bisa meningkatkan risiko kegemukan, terutama kebiasaan yang dilakukan pada malam hari sebelum tidur. Dikutip dari laman boldsky.com, ada beberapa kebiasaan buruk sebelum tidur yang membuat berat badan bertambah.

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebelum tidur dan bikin cepat gemuk adalah ngemil makanan ringan seperti keripik, kentang goreng dan cookies. Dari sisi bobot, camilan ini memang cukup ringan, tapi jangan salah, camilan ini justru memiliki kandungan kalori dan lemak berlebih yang bisa membuat berat badan bertambah. Selain camilan, ngemil biji-bijian, sereal dan teh atau kopi juga sangat mungkin meningkatkan risiko kegemukan.

Sementara untuk buah, jangan makan buah pisang sebelum tidur meski kamu sedang berdiet. Beberapa ahli gizi menyebutkan jika pisang merupakan salah satu buah yang kaya karbohidrat serta beberapa senyawa penyebab kegemukan jika dikonsumsi saat malam. Tak hanya pisang, minum jus buah yang dicampur dengan gula sebelum tidur juga mampu membuat berat badan seseorang bertambah dengan sangat mudah.

Jika ingin punya tubuh langsing tapi lapar di malam hari, lebih baik makan sayur. Sebagai alternatif lain, telur dadar tanpa garam, telur rebus, daging ayam atau sapi tanpa lemak, buah berry dan yogurt adalah makanan yang aman dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur. Idealnya, makan malam dilakukan sebelum jam 7 malam atau 2 sampai 3 jam sebelum tidur.

Jadi stop ngemil sebelum tidur dan mulai jalani pola hidup sehat, istirahat yang cukup, olahraga, minum air putih dan jangan stres. Semoga bermanfaat. {mt/vem}


Baca juga:
Sebaiknya Tak Konsumsi Makanan Ini Sebelum Tidur
Ingin Tidur Nyenyak dan Bikin Langsing? Ini Tipsnya
Diet Ngemil di Malam Hari? Bisa Kok ...
Mengapa Sulit Hentikan Ngemil di Malam Hari? Ini Alasannya
Mau Tubuh Langsing Usai Lebaran? Ini Solusinya


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Lawan Risiko Kanker dengan 4 Makanan Enak Ini!
Hati-hati! Terlalu Banyak Konsumsi Kafein Bisa Iritasi Saluran Kencing
Xiaomi Luncurkan Redmi Note 4 Terbaru Dengan RAM 4 GB