RMOLJAKARTA

Home

Share |
Sumsel Siap Sukseskan Palembang Jadi Destinasi Wisata Olahraga
Selasa, 03 Januari 2017 , 22:51:00 WIB
Laporan: Prasetyo

  

RMOL. Kementerian Pariwisata telah menetapkan Provinsi Sumatera Selatan khususnya kota Palembang menjadi detinasi wisata olahraga di Indonesia pada tahun 2017.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, hal itu dikarenakan Sumsel telah memiliki kawasan olahraga terpadu di komplek Jakabaring Sport City (JSC) yang sudah bertaraf internasional.

"Kawasan Jakabaring memiliki sejumlah fasilitas atau venue olahraga dengan standar internasional dan sudah siap menjadi arena pertandingan untuk Asian Games 2018," kata Alex di Palembang, Senin (2/1) kemarin.

Alex menjelaskan, di JSC saat ini ada Gelora Sriwijaya stadium, athletic stadium, aquatic stadium, shooting range, danau untuk cabang dayung dan ski air, stadion tenis lapangan, GOR bulu tangkis dan senam, arena panjat tebing, lapangan sofbol, lapangan bola voli pantai hingga wisma atlet, seluruhnya dalam kondisi terawat dan siap pakai.

"Jakabaring Sport City memiliki luas 235 hektar. Kawasan ini dibangun dan dikembangkan dengan visi jauh ke depan, kawasan ini akan menjadi green sport city. Nantinya transportasi di sini akan menggunakan kendaraan yang bebas polusi, menggunakan bahan bakar gas dan mobil hidrogen," kata Alex.

Komplek JSC selama ini telah menjadi tempat pertandingan olahraga multi event diantaranya Sea Games XXVI pada 2011, Islamic Solidarity Games (ISG) III pada 2013 dan Asean University Games (AUG) 2014.

Selain sebagai destinasi wisata olahraga, pada saat menutup Musrenbangnas 2016 pada Mei lalu, Presiden Joko Widodo telah mendeklarasikan Palembang sebagai kota olahraga seperti layaknya Sunny Land di Amerika Serikat yang fokus pada olahraga golf.

Gubernur Sumsel juga menjelaskan, selain fasilitas olahraga yang sudah dan dipersiapkan untuk Asian Games XVIII, di komplek JSC juga akan dibangun sirkuit untuk Moto GP. Alex Noerdin optimis dengan jika sirkuit Moto GP sudah terealisasi akan banyak datang wisatawan menyaksikan even tersebut.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn, saat ini komplek JSC sudah sering menjadi destinasi wisatawan domestik.[prs]


Baca juga:
Lury Dorong Kawula Muda Berkreatifitas Dalam Bisnis
Kampanyekan Bahaya HIV/AIDS, Salsabila Community Kunjungi Lapas Wanita
Alex Noerdin: Dimanapun Berada, Masyarakat Sumsel Harus Bersatu
Bertemu JK, Alex: Sumsel Sangat Konsen Pada Keberlangsungan Ekosistem
Sumatera Selatan Terima Penghargaan IDI


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Demi Gunakan Hak Pilih di Pilgub DKI, Bepe Tinggalkan Malang
Jakarta Harus Jadi Barometer Atlet Taekwondo Nasional
FIFA Bakal Bantu PSSI Rp 16 Miliar untuk Pembinaan Sepak Bola Nasional