RMOLJAKARTA

Home

Share |
BOLLY BLITZ
10 Film Bollywood Terlaris Tahun 2016
Kamis, 05 Januari 2017 , 17:44:00 WIB

FILM TERLARIS 2016/IST
  

RMOL. Tahun 2016 baru saja berakhir dan memberikan catatan penting untuk industri film Bollywood. ’Sultan’ memimpin sebagai film terlaris sepanjang tahun 2016. Namun sayang, di akhir tahun ‘Sultan’ tergeser oleh ‘Dangal’ yang langsung menjadi film blockbuster di 2016.

Ada 7 film Bollywood yang masuk dalam daftar 100 crore rupee (Rp. 200 milyar) club dan beberapa film yang meraih hits:  

* Dangal – 350 crore lebih (Rp. 700 milyar)

‘Dangal’ adalah film berdasarkan kisah tentang olah raga gulat. Film dengan cepat meraih box-office, dan hingga kini dengan pelan dan pasti perolehan keuntungan terus merangkak naik. Bahkan kini telah melebihi dari angka 300 crore rupee (Rp. 600 milyar).

Sekali lagi Aamir Khan kembali menunjukkan kehebatannya. Setelah ‘3 Idiots’ dan ‘PK’, kini Aamir Khan kembali membuktikan namanya sebagai Aktor Pencipta Box-office.  

 
* Sultan – Rs. 300.45 crore (Rp. 600, 90 milyar)

Dengan kesuksesan ‘Dangal’, membuat film yang dibintangi Salman Khan ‘Sultan’ ini menjadi tergeser ke posisi kedua.  ‘Sultan’ bercerita tentang kisah seorang pegulat asal Haryana. Selain tentang karirnya, film juga bercerita tentang kisah cintanya. Film juga dibintangi Anushka Sharma sebagai pasangan Salman Khan.
  

* M.S. Dhoni – The Untold Story – Rs. 133.04 crore (Rp. 266, 08 milyar)

Ini merupakan yang pertama kalinya di Bollwood, tiga film yang bercerita tentang dunia olah raga meraih box-office secara berurutan. Jika ‘Dangal’ dan ‘Sultan’ bercerita tentang dunia gulat, maka dalam ‘M.D Dhoni-The Untold Story’ bercerita atau berkisah tentang kehidupan pemain Kriket terkenal India, Mahendra Singh Dhoni atau yang dikenal dengan nama M.S. Dhoni.

Kisah hidup sebagai kapten Kriket, M.S Dhoni diangkat ke layar lebar oleh sutradara Neeraj Pandey dan peran sebagai sang kapten dimainkan oleh aktor muda Sushant Singh Rajput.


* Airlift – Rs. 128.1 crore (Rp. 256, 2 milyar)

‘Airlift’ merupakan salah satu film yang diinspirasi dari peristiwa kehidupan nyata. ‘Airlift’ tidak berbeda jauh karena menceritakan peristiwa yang sebenarnya tentang evakuasi terbesar yang pernah ada dalam sejarah penerbangan.

Film yang dibintangi Akshay Kumar dan aktris cantik Nimrat Kaur. Film yang disutradarai oleh Raja Krishna Menon ini meraih super hits dalam peredarannya pada awal tahun 2016 lalu.   


* Rustom – Rs. 127.48 crore  (Rp. 254, 96 milyar)

Di urutan ke 5 daftar film terlaris Bollywood diduduki oleh film ‘Rustom’. Film ini kembali mengangkat kisah nyata yang membeberkan skandal yang melibatkan Nanavati dan telah mengguncang bangsa lebih dari 4 dekade yang lalu.

‘Rustom’ yang diperankan oleh Akshay Kumar kembali mengejutkan khalayak India. Apalagi film dirilis bertepatan dengan hari Kemerdekaan India, pada Agustus 2016, hingga membuat patriotisme kembali menyala.

Film diperankan oleh Akshay Kumar, lleana D’Cruz dan Esha Gupta. Film disutradarai oleh Tinu Suresh Desai.


* Ae Dil Hai Mushkil – Rs. 112.48 crore  (Rp. 224, 96)

Pada Hari Raya Diwali 2016 lalu film ‘Ae Dil Hai Mushkil’ dirilis. Meski film ini bersaing ketat dengan film Ajay Devgn ‘Shivaay’, namun film tetap meraih sukses. Selain dibintangi Ranbir Kapoor, film karya Karan Johar ini juga menampilkan aktris top Aishwarya Rai Bachchan dan juga Anushka Sharma.
 
* Housefull 3 – Rs. 109.14 crore (Rp. 218, 28 milyar)                                 

‘Housefull 3’ merupakan film ketiga Akshay Kumar yang meraih hits di tahun Bisa dibilang tahun 2016 menjadi tahun keemasan bagi aktor tampan ini. Ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi seorang aktor. Prestasi yang belum pernah dicapai oleh superstar manapun dalam waktu yang cukup lama. 

Selain Akshay Kumar, ‘Housefull 3’ juga dibintangi oleh Abhishek bachchan, Riteish Deshmukh, Jacqueline Fernandez dan Lisa Haydon. Film disutradarai oleh Sajid-Farhad. ‘Hosefull 3’ sendiri merupakan film seri dari ‘Housefull’ (2010)  & ‘Housefull 2’ (2012).
  

* Baaghi – Rs. 76.34 crore  (Rp. 152, 68 milyar)

Jika film-film hits lainnya dikuasai ole aktor-aktor yang sudah mapan di Bollywood, lain halnya dengan film ‘Baaghi’. Meski sebagai pendatang baru, aktor tampan berbody macho, Tiger Shroff mampu masuk dalam deretan film terlaris.

Meski pendatang baru, yang baru melakukan satu film saat itu yakni ‘Heropanti’, namun produser Sajid Nadiadwala dan sutradara Sabbir Khan percaya dan yakin bahwa putra aktor top Jackie Shroff itu akan mampu mencetak hits untuk filmnya.

Dan benar, film yang dianggap mencontek film Indonesia berjudul ’The Raid 2: Redemption’ ini merit hits dalam peredarannya.
 

* Neerja – Rs. 75.61 crore  (Rp. 150,122 milyar)

Satu lagi film yang diangkat dari kisah nyata. ‘Neerja’ meski berjalan lambat namun film dianggap sukses pada akhirnya. Film yang diangkat dari kisah nyata tentang seorang pramugari cantik bernama Neerja Bhanot ini, mampu menarik penonton dari mulut ke mulut.

Dan lewat aktingnya yang menawan sebagai Neerja,  Sonam Kapoor mampu membuat film karya Ram Madhvani ini meraih hits dalam peredarannya.

  
* Kapoor & Sons – Rs. 73.29 crore (Rp. 146, 58 milyar)

Film ‘Kapoor & Sons’ menampilkan aktor kawakan Rishi Kapoor yang bermain peran utama dengan aktor muda dan tampan, Siddharth Malhotra dan Fawad Khan yang berperan sebagai cucu-cucunya.

Film yang diproduksi oleh Karan Johar dan disutradarai oleh Shakun Batra ini mampu meraih box-office dengan kematangan dan ceritanya yang bagus. {mlt}
 


Baca juga:
Film Aamir Khan 'Dangal' Siap Kalahkan Film Salman Khan 'Sultan' Sebagai Film Terlaris 2016
Box-Office, Film 'Dangal' Kembali Diprotes!
Ketum BM PAN Minta Konsultan Politik Tak Giring Masyarakat Dengan Opini
Bagaimana Anushka Sharma Bisa Gantikan Deepika Padukone untuk 'Sultan'?
Raja dan Sultan Dukung Bela Negara


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Usai Melahirkan, Kareena Kapoor Khan Siap Kembali Berakting
Shah Rukh Khan Akan Berperan 'Cameo' di Film Salman Khan 'Tubelight'
Priyanka Chopra Alami Kecelakaan di Lokasi Syuting 'Quantico'