RMOLJAKARTA

Home

Share |
TIPS KESEHATAN
Wow! Ternyata Mandi dengan Gayung Lebih Sehat Dari Pada dengan Shower
Jum'at, 06 Januari 2017 , 10:16:00 WIB

ILUSTRASI/IST
  

RMOL. Kira-kira bagaimana cara Anda sehari-hari untuk mandi? Ada orang yang lebih suka mandi menggunakan shower, namun ada juga yang lebih suka menggunakan gayung.

Para ahli mengatakan, mandi menggunakan shower lebih boros air ketimbang mandi menggunakan gayung karena seringkali kita tidak menyadari banyaknya air yang mengucur begitu saja. Tetapi, kali ini kita tidak membahas tentang pemborosan air, melainkan hal yang tak kalah pentingnya, yaitu menyangkut kesehatan.

Sebuah penelitian yang ditulis dalam American Journal of Respiratory and Critical Care menyebutkan, bahwa kepala shower hingga selangnya menjadi tempat favorit bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM) untuk berkembang biak. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan. Hih, ngeri ya!

Dr. Michael Iseman mengungkapkan, kebanyakan kita menghirup bakteri ini sepanjang waktu. Tetapi tidak pernah menyadari bagaimana bakteri ini berkembang biak dan menyebar. Pada orang-orang yang sensitif, akan sangat rentan terserang infeksi paru-paru ini. Sekali seseorang terkena infeksi NTM, penyembuhannya cukup sulit dan lama, kira-kira 18 bulan.

Bagaimana menghindari infeksi NTM? Mandi menggunakan gayung lebih disarankan ketimbang memakai shower. Selain itu, teraturlah membersihkan shower, terutama bagian kepala dan selangnya menggunakan pembersih khusus atau direndam cuka dan baking soda.

Semoga kita terhindar dari penyakit-penyakit yang terselubung menyerang diri kita. Dan semoga informasi ini bermanfaat. {mt/vem}


Baca juga:
Jatuh Dari Lantai 4, Kuli Bangunan di Senen Tewas
Lagi Bugil, Pengedar Sabu Ditangkap Polisi
PKPU dan Bank Mandiri Jalankan Program Berbagi Air di Citamiang
Pengelolaan Sampah Mandiri, Masyarakat Jadi Subyek
Tak Perbaiki Jaringan Air Bersih, Pedagang Pasar Mandiri KElapa Gading Keluhkan Pengelola


Komentar Pembaca

Pulau Fam Raja Ampat Jadi Konservasi, Penangkapan Ikan Dilarang





Berita Populer

Wih... Yamaha Keluarkan Motor 'Laki' Rp12 Jutaan
Hindari Sakit di Musim Hujan dengan Minuman Sehat
Mobil Pedesaan Kemenperin Bakal Nongol di IIMS 2017