Biaya Cetak Surat Suara Pilgub DKI Habiskan Rp700 Juta

 RABU, 11 JANUARI 2017 , 02:32:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Biaya Cetak Surat Suara Pilgub DKI Habiskan Rp700 Juta
RMOL. Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos, mengatakan, pencetakan surat suara di Makassar, Sulawesi Selatan menghabiskan dana berkisar Rp 700 Juta.

Total surat suara yang dicetak mengikuti jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah 2,5 persen, menjadi sekitar 7,2 Juta surat suara.

Betty menyebut harga pencetakan surat suara masih lebih murah dibandingkan dengan vendor lainya.

"Harga sih memang lebih murah, surat suara plus dua setengah persen nyampai ke sini (Jakarta) sebesar sekitar Rp 700 juta, termasuk ongkos kirim hanya surat suara," kata Betty, di kantor KPU DKI, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (10/1).

Betty menuturkan keputusan memilih vendor berada di KPU RI. Hal tersebut berdasarkan tawaran yang masuk di dalam e-katalog LKPP.

"Bukan lelang malah, jadi kita kayak mau belanja nih kayak di toko online 'Lazada', oh ada surat suara, jadi kita disitu (Makassar)," jelasnya.

"Kemarin kami cek tentang perusahaan yang akan mencetak sekaligus melihat dummy terakhir yang diharapkan untuk naik cetak utk disesuaikan," sambung Betty.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan untuk pengamanan surat suara desain sudah diserahkan kepada percetakan.

Nantinya, akan ada "mikro teks" sebagai penanda untuk membuktikan surat suara tersebut adalah asli.

"Kemarin itu kan kita masih bicara spesifikasi kebutuhan kita kan terus faktor keamanan kita wanti-wanti keamanan tepat jumlah dan tepat spec sesuai yang telah kita tentukan,"

"dan juga yang penting faktor keamanan, karena DKI Jakarta kita nggak mau mereka itu tidak tepat waktu dan salah cetak atau tidak sesuai dengan warnanya sebagaimana yang sudah kita tentukan," jelas Betty.

Diketahui, pencetakan surat suara sebagai bahan logistik pada Pilkada DKI Jakarta 2017, di lakukan di Jalan Adipura Nomor 45, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam mengawasi proses pencetakan pertama surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI melakukan peninjauan langsung di lokasi pada (9/1/2017) kemarin.

Hadir dalam peninjauan tersebut ketua dan anggota KPU DKI, ketua Bawaslu DKI.

Adapun pemenang surat suara Pilgub DKI Jakarta, sesuai e-katalog lembaga kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah (LKPP) ialah PT Adi Perkasa Makasar.[prs]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Jokowi Injak Merah Putih

Jokowi Injak Merah Putih

SENIN, 03 OKTOBER 2016 , 08:35:00

Seks Kilat Ala Gadis Belia di Salon Plus Benhil (4-Habis)
Juri Lomba Masak

Juri Lomba Masak

SENIN, 13 FEBRUARI 2017 , 14:28:00