RMOLJAKARTA

Home

Share |
Garasi Inovasi, Program Sandi untuk Pengusaha Pemula
Rabu, 11 Januari 2017 , 19:24:00 WIB
Laporan: Lopi Kasim

  

RMOL. Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu fokus dari pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno.

Kolaborasi apik keduanya fokus pada pembangunan manusia melalui aksesbilitas pendidikan berkualitas dan penyediaan lapangan kerja.

Pada kegiatan Rabu Bersama yang digelar di GOR Sunter, Jakarta Utara,  sejumlah warga mengeluhkan banyak hal. Salah satunya adalah Iin yang mengeluhkan sulitnya administrasi  pendirian usaha.

"Saya tidak bisa menyewa atau membeli gedung untuk wirausaha. Sedangkan kita kan baru merintis. Saya minta tolong. Ini janji ya Pak. Agar kalau mendirikan CV dan PT, dipermudah prosesnya," ujarnya.

Sandi kemudian mengatakan komitmennya dalam memberi kemudahan kepada perintis usaha baru di masyarakat.

"Kami punya program bernama Garasi Inovasi. Dengan ini, kita memastikan bahwa setiap perusahaan rintisan boleh memulainya dari rumah sendiri. Selama tidak mengganggu, juga mengeluarkan limbah yang merusak," kata Sandi.

Pengusaha pemula, sambung Sandi, tidak mungkin mulai di gedung namun memulainya dari rumah. Mantan Ketua HIPMI ini kemudian meyakinkan warga Jakarta bahwa ketika memiliki ide usaha baru, setiap orang bisa memulainya dari rumahnya.

"Pemerintah bisa memfasilitasi kemudahan itu," ujar Sandi

Dalam kesempatan tersebut, Sandi menghadirkan Musa, seorang ahli Search Engine Optimization (SEO) yang bersedia menjadi pendamping dalam program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Entrepreneurship).

Program OK OCE merupakan inovasi dalam menghadirkan lapangan kerja yang tidak hanya dengan pemberian modal usaha baru, tetapi juga pendampingan dan pelatihan dari para pengusaha sukses.

"Melalui program ini, kita pastikan 200.000 pelaku ekonomi baru di Jakarta," tegas Sandi.[prs]


Baca juga:
KPUD Tetapkan DPT Pilgub DKI 6.983.692 Pemilih
Sandi Bakal Perbanyak Lokasi Binaan PKL
Sandi: Ancol Milik Masyarakat Bukan Pemprov
Biaya Cetak Surat Suara Pilgub DKI Habiskan Rp700 Juta
Kata Sandi, Prabowo Optimistis Anies-Sandi Menang


Komentar Pembaca

Warga NU Dilarang Ikut Aksi 313





Berita Populer