RMOLJAKARTA

Home

Share |
Genangan Air Rob Terjang Dermaga Kali Adem, Aktivitas Warga Terganggu
Rabu, 11 Januari 2017 , 21:53:00 WIB
Laporan: Dody Pranowo

  

RMOL. Air pasang (rob) kembali menerjang Kawasan Perikanan Muara Angke (KPMA), Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (11/1). Ketinggian air asin itu mencapai 50 hingga 70 centimeter. Kondisi itu tentu mengganggu aktivitas warga, terutama yang akan maupun keluar dari Dermaga Kali Adem.

Irvan (34), salah seorang warga Pulau Harapan, Kepulauan Seribu mengaku, akibat genangan ini dia dan warga maupun wisatawan terganggu. Ini dikarenakan akses jalan yang menuju ke pelabuhan Kali Adem yang tergenang dengan ketinggian antara 50 hingga 70 cm.

"Kondisi ini hampir setiap hari terjadi namun, entah kenapa sampai saat ini pemerintah tidak mengambil sikap. Padahal setiap hari warga yang datang maupun pergi dari Kali Adem selalu ramai. Maka dari itu kami berharap pemerintah mengusulkan agar tanggul yang ada di sepanjang kawasan tersebut ditinggikan sehingga air dari laut tidak limpas," terang Irvan.

Camat Penjaringan Muhammad Andrie mengakui jika di Jalan Dermaga Kali Adem, tergenang air akibat air pasang. Menurutnya, genangan ini disebabkan karena belum selesaikanya pemasangan sheetpile dan tidak ada pintu air.

"Karena pembangunan sheetpile dan pintu air kawasan tersebut menjadi banjir. Tapi tahun ini pembangunan akan diselesaikan sehingga kedepan tidak akan terjadi genangan," jelas Muhammad Andrie.[prs]


Baca juga:
Akses ke Dermaga Kali Adem Terendam Banjir
Angkutan Umum Ngetem di Jalan Bikin Macet ke Pelabuhan Kali Adem


Komentar Pembaca

Warga NU Dilarang Ikut Aksi 313





Berita Populer