RMOLJAKARTA

Home

Share |
KPUD Buka Pendaftaran KPPS
Rabu, 11 Januari 2017 , 23:07:00 WIB
Laporan: Prasetyo

  

RMOL. KPU DKI merekrut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk membantu jalannya pemungutan suara dalam Pilkada DKI 2017. Pendaftaran anggota KPPS akan ditutup pada tanggal 14 Januari mendatang.

Ketua KPU DKI Sumarno mengatakan anggota KPPS harus sudah terbentuk dalam masa satu bulan sebelum pemilihan digelar. KPPS nantinya akan menjaga di setiap TPS di Jakarta.

Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi bagi pendaftar anggota KPPS. Komisioner KPU DKI Moch Sidik menyebut ada sedikitnya ada 6 persyaratan yang harus dipenuhi calon anggota KPPS.

"Pertama berusia 25 tahun, ijazah SMA atau sederajat, ada keterangan kesehatan dari Puskesmas atau rumah sakit. Kemudian pendaftar bukan merupakan anggota partai politik atau tidak menjadi tim kampanye dari ketiga calon," kata Sidik dalam Konferensi pers di Kantor KPU DKI, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).

"Tidak pernah dipidana. Lainnya tidak pernah mendapat hukuman, kemudian ada syarat yang jadi perbincangan yaitu pembatasan, Tidak boleh yang sudah menjabat 2 periode berturut-turut sebagai KPPS mendaftar kembali," urainya.

Sidik mengatakan dua periode yang dimaksud yaitu selama masa pemilihan di tahun 2005-2009 dan 2010-2014. Dia menegaskan pembatasan itu akan diberlakukan dalam proses rekrutmen anggota KPPS tahun 2017.

Anggota KPPS di setiap TPS nanti akan berjumlah 7 orang petugas ditambah 2 petugas keamanan. Perekrutan ini sudah diumumkan sebelumnya oleh KPU DKI melalui sejumlah media masa.

"Kami sudah umumkan melalui media cetak, termasuk spanduk. Ke semua kelurahan, ke seluruh masyarakat DKI," ungkap Sidik.[prs]


Baca juga:
Sandiaga Akui Sudah Ada Calon Investor Program OKOCE
Cara Sandi Hadirkan Keamanan Bagi Warga Jakarta
Garasi Inovasi, Program Sandi untuk Pengusaha Pemula
KPUD Tetapkan DPT Pilgub DKI 6.983.692 Pemilih
Biaya Cetak Surat Suara Pilgub DKI Habiskan Rp700 Juta


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer