Habib Rizieq Mau Laporkan Balik Sukmawati

 KAMIS, 12 JANUARI 2017 , 16:03:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

RMOL. Tak terima dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri kepolisi dengan dugaan penghinaan Pancasila. Imam Basar FPI Habib Rizieq Shihab berniat melaporkan balik Sukmawati atas tuduhan pencemaran nama baik dan kriminalisasi karya ilmiah yang dibuatnya.

"Kami akan lakukan laporan balik Sukmawati dengan (aduan) pencemaran nama baik dan kriminalisasi tesis ilmiah," kata Habib Rizieq saat jeda pemeriksaan yang dilakukan penyidik Polda Jabar, di Mapolda Jabar (Kamis, 12/1).

"Ini noda bagi dunia akademik. Jangan tesis ilmiah dikriminalkan. Harusnya diuji, Jadi saya sesalkan kalau Kapolda ini menerima laporan yang kriminalisasi tesis ilmiah."

Dijelaskan Habib, dia melakukan ceramah dan tabligh berdasarkan Karya ilmiah dengan produk tesis berjudul "Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia".

Selain itu, dirinya juga menyesalkan video ceramah yang dilaporkan telah diedit. Sebab ceramah yang dilakukan di wilayah Jawa Barat itu berlangsung selama dua jam, dan diedit menjadi dua menit.

"Rekaman yang sudah diedit dan sulit dipertanggungjawabkan. Karena ceramah ilmiah dua jam jadi dua menit. Saya balik tanya, ada apa dari dua jam dipotong jadi dua menit. Ada niat apa?" kata dia.

Laporan Sukmawati ke kepolisian dilatarbelakangi pernyataan Rizieq yang menyebut "Pancasila Soekarno ketuhanan ada di Pantat, sedangkan Pancasila piagam Jakarta ketuhanan ada di kepala".

Rizieq kembali menyampaikan bahwa isi ceramahnya adalah rangkaian tesis yang pernah dibuatnya untuk mengkritik usulan sila Ketuhanan YME di posisi paling bawah.

"Ada hal yang diingat ada redaksi yang diajukan Bung Karno di dalam Pancasila sila Ketuhanan ada di akhir. Sila kelima. Dan ini ditolak oleh ulama dalam sidang BPUPKI. Di sana ada haji Wahid Hasyim pimpinan NU, ada Agus Salim pimpinan Sarekat Islam. Nah, mereka menolak usulan itu soal redaksi itu. Para ulama meminta menaikkan menjadi sila pertama Ketuhanan itu," imbuhnya. [ipk]

Komentar Pembaca
Janggalnya Kasus Novel

Janggalnya Kasus Novel

RABU, 26 JULI 2017 , 19:00:00

Djarot Membangkang Pada Ahok

Djarot Membangkang Pada Ahok

SELASA, 25 JULI 2017 , 23:00:00

Koalisi SBY-Prabowo Untuk 2019

Koalisi SBY-Prabowo Untuk 2019

SELASA, 25 JULI 2017 , 17:00:00