RMOLJAKARTA

Home

Share |
PILGUB DKI
Kata Usep, KPUD DKI Turut Berkepentingan Dalam Debat Pilgub
Kamis, 12 Januari 2017 , 17:39:00 WIB

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah mengatur jadwal pelaksanaan debat publik Pilgub DKI Jakarta.

Bahkan Ketiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur DKI ini akan mulai berlaga dalam debat publik kali pertama pada Jumat, 13 Januari besok malam di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Direktur Populi Center, Usep S Ahyar mengatakan, debat publik bukan hanya untuk kepentingan masing-masing pasangan Cagub/Cawagub DKI guna mensosialisasikan visi dan misi mereka di hadapan masyarakat pemilih semata.

Menurutnya, penyelenggara dalam hal ini KPUD turut berkepentingan untuk memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat DKI, sehingga dapat mendorong minat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara, 15 Februari mendatang.

"Debat publik ini memang tidak hanya ditunjukkan bagaimana calon dengan pemilih saja, tapi juga untuk KPU," jelas Usep dalam diskusi dengan tema 'Menakar Efektifitas Debat, Meraih Simpati Publik' di Ruang Media Center KPUD DKI Jakarta, Kamis (12/1).

Usep menilai, debat Pilgub adalah salah-satu metode yang sangat efektif untuk mendorong masyarakat datang ke TPS.

Selain itu juga, dalam debat nanti merupakan momen yang tepat untuk mengklarifikasi isu-isu hoax atau klaim negatif terhadap masing-masing pasangam calon.

"Si calon ini bisa memberikan informasi yang lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan di depan publik itu, bukan berdasarkan rumor bukan berdasarkan desas-desus yang berkembang," imbuh dia.

Dengan begitu imbuh Usep, masyarakat bisa terkonfirmasi terkait kebenaran isu hoax tersebut langsung dari pasangan calon yang bersangkutan.

"Selama ini kan agak susah yang benar itu yang mana?. Debat ini waktu yang tepat untuk menangkal isu-isu tersebut," ucap Usep. [has/dka]


Baca juga:
Ini Enam Sesi Debat Publik Cagub-Cawagub DKI
Ray Rangkuti: Kalau Tak Ada Debat, Pilkada DKI Tidak Ada Isinya
Kualitas Cagub Secara Gamblang Terlihat di Debat Publik
Topik Debat Bikin Sandiaga Uno Bingung
Berpihak ke Ahok, Bawaslu Bakal Dilaporkan ke DKPP


Komentar Pembaca

Komnas HAM Sarankan Jokowi Tes DNA





Berita Populer

Pekan Depan, Jokowi Copot Ahok
Ahok Pemilik 75 Persen "Saham" RI
Ansor DKI Siap Kepung dan Duduki Balaikota