BPN Dinilai Lakukan Komersialisasi Tanah

 SABTU, 04 FEBRUARI 2017 , 02:29:00 WIB | LAPORAN:

BPN Dinilai Lakukan Komersialisasi Tanah
RMOL. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dituding melakukan komersialisasi tanah negara. Tuduhan ini disampaikan kelompok massa yang menamai diri Barisan Garuda Pancasila.

Menurut mereka, Lin Che Wei, yang merupakan Policy Advisor BPN RI dan pihak lainnya, mencoba mencari keuntungan dari lahan milik negara.

"Lin Che Wei, yang merupakan Policy Advisor BPN RI, telah melakukan tindakan yang sangat tidak pantas sebagai pejabat negara dengan mengomersialisasikan tanah-tanah negara," ujar Zulfikar Fauzi, juru bicara Barisan Garuda Pancasila, dalam aksinya di depan kantor Kementerian ATR/BPN, Kamis (2/2).

Praktik komersialisasi ini, menurut Zulfikar, melalui terbentuknya Bank Tanah. Bank ini berfungsi sebagai badan usaha bagi penguasaan dan pemilikan kantong-kantong aset tanah, dengan cara pengambilan dokumen tanah negara, tanah kehutanan, tanah konsensi perusahaan besar, dan tanah terlantar. Penguasaan Bank Tanah disinyalir juga meliputi letak dan koordinat 9 juta hektar tanah objek reforma agraria, yang merupakan program strategis Presiden Jokowi dan Nawa Cita.

"Ini sama saja sentralisasi kekuasaan pemerintah ke tangan swasta," kata dia.

Tak hanya itu, bersama Loso Judianto, Lien Che Wei disebut berlaku sewenang-wenang. Hal itu ditunjukkan dengan pengambilalihan peran, tugas dan fungsi strategis dari para pejabat tinggi seperti sekretaris jenderal, inspektur jenderal dan direktur jenderal di BPN.

"Bahkan mereka dengan berani menegur dan mempermalukan para pejabat tinggi tersebut dalam rapat-rapat resmi," tuturnya.

Keduanya juga dituduh mengintimidasi sejumlah pengusaha, melalui pembebanan pajak progresif tanah dan mengakuisisi tanah-tanah mereka, melalui Bank Tanah.

"Karena itu kami meminta Lien Che Wei dan Loso Judianto ditangkap, karena jelas mengkhianati cita-cita pemerintah untuk mensejahterkan rakyat," tandasnya.[prs]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00