Ini Asal Usul Munculnya LRT Hingga Berpotensi Mangkrak

Polhukam  SENIN, 27 FEBRUARI 2017 , 19:33:00 WIB | LAPORAN:

Ini Asal Usul Munculnya LRT Hingga Berpotensi Mangkrak
RMOL. Pemerhati kebijakan pubkik dan konsumen, Agus Pambagio mengungkapkan, proyek Light Rapid Transit (LRT) yang diusung Adhi Karya (AK) dan konsorsium BUMN awalnya belum disetujui oleh Pemprov DKI Jakarta di era Gubernur Jokowi untuk meneruskan proyek monorail yang saat itu gagal untuk kesekian kalinya.

"Lalu muncul kabar Indonesia menjadi tuan rumah Pesta olahraga Asia (Asian Games XVIII) tahun 2018 di kota Jakarta dan Palembang, maka Palembang merubah proyek monorailnya menjadi LTR juga," kata Agus dalam diskusi di Dewan Pers, Jakarta Pusat, Senin (27/2).

Selanjutnya, kata Agus, kedua proyek LRT tersebut diground breaking dan dibangun tanpa administrasi dan pembiayaan proyek yang baik.

"Yang penting mulai dibangun, cepat...cepat...cepat," ungkapnya.  

Lalu, lanjut dia, dengan gegabah menteri BUMN memberikan penyertaan modal negara (PMN) ke AK dan WK untuk membangun LRT serta menjadikan AK dan WK sebagai operator.

Lalu, keluar Perpres Nomor 65 tahun 2016 tentang perubahan atas Peraturan Presiden nomor 98 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan kereta api ringan atau LRT terintegrasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi serta Perpres nomor 116 tahun 2015 tentang percepatan penyelenggaraan LRT di Provinsi Sumatera Selatan

"Nah, sampai hari ini belum beres dan berpotensi mangkrak," pungkasnya.[prs]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00