KPU DKI Siapkan 3 Format Debat Putaran Dua

Polhukam  SENIN, 03 APRIL 2017 , 20:33:00 WIB | LAPORAN:

RMOL. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno menjelaskan, ada tiga format debat di putaran kedua. Namun, untuk lokasi debat masih digelar di Hotel Bidakara pada Rabu 12 April 2017.

"Ya ada baru, jadi nanti formatnya ada tiga bagian. Pertama itu, langsung pertanyaan dari panelis. Panelis menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang studi kasus," ucapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (3/4).

Menurutnya, pertanyaan yang akan diberikan panelis seputar persoalan yang dihadapi masyarakat Jakarta dan nantinya akan dikonfirmasi dengan visi misi program masing-masing pasangan calon. "Kan memang debat kedua ini kan untuk penajaman visi dua paslon. Nanti pertanyaan disiapkan dari panelis," paparnya.

Format kedua, sambung Sumarno, yakni pertanyaan yang diberikan dari masyarakat. Para panelis yang akan menyeleksi siapa yang akan memberikan pertanyaan ke pasangan calon pada saat debat. "Jadi, sekarang ini kami sedang menyiapkan tim panelis, serta tim yang menyiapkan komunitas masyarakat yang akan kita hadirkan di dalam forum debat untuk bertanya langsung ke paslon," terangnya.

Terakhir, yaitu adanya debat terbuka yang dilakukan antar calon gubernur dan wakil gubernur. Setiap kandidat dipersilakan saling bertanya satu sama lain.

"Ketiga saling silang, debat terbuka. Debat terbuka dibagi dua bagian, nanti debat antar wagub, diangkat persoalan apa, nanti mereka saling bertanya, saling menanggapi, tanpa dibatasi waktu. Tapi, tetap diarahkan moderator kalau keluar rel atau kalau nanti masalah pribadi diangkat," bebernya.

Dia juga menyebut, Ira Koesno akan kembali menjadi moderator pada debat Pilkada DKI Jakarta putaran kedua. Menurutnya, pertimbangan Ira kembali menjadi moderator karena memiliki pengalaman yang mumpuni untuk mengatur jalannya debat.

"Moderator sudah terpilih, siapa kira-kira? Perempuan. Moderatornya Ira Koesno, pertimbangannya dia sudah berpengalaman dalam mengelola debat," pungkasnya.[prs]

Komentar Pembaca
Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 23:19:03

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

Lomba Pacu Jalur Peserta Terbanyak

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 14:31:46

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

Ini Skenario Gerindra Masuk Kabinet

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 21:08:45