Penyanyi Gad Elbaz Kecewa Lagunya Dijiplak Anies-Sandi

Seleb  SABTU, 08 APRIL 2017 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: SAEFUL ANWAR

Penyanyi Gad Elbaz Kecewa Lagunya Dijiplak Anies-Sandi

Gad Elbaz/NET

RMOL. Gad Elbaz, penyanyi asal Israel itu mengaku kecewa lantaran lagu berjudul Hashem Melech Dijiplak untuk kegiatan kampanye pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, di Pilkada DKI Jakarta.

"Mereka mengatakan bahwa saya menjiplak lagu mereka. Padahal saya membuat lagu ini berdasarkan cover dari Chad Chaleb, bahkan sebelum musisi seperti Mark Anthony merilis cover serupa," kata Gad Elbaz seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (8/4).

Gad Elbaz menjelaskan, lagu Hashem Melech dirilis sekitar lima tahun lalu. Dia mendapat informasi bahwa lagu bernuansa rohani Yahudi itu digunakan untuk kepentingan politik di Indonesia.

"Di Indonesia, lagu yang sangat terkenal di komunitas Yahudi ini digunakan untuk kepentingan politik. Politisi yang menggunakannya anti Israel dan muslim ekstrimis, namanya Sandiaga Uno," ujar Gad Elbaz.

Tim Pemenangan Anies-Sandi memang sempat memberikan klarifikasi terkait kemiripan lagu berjudul Kobarkan Semangat Indonesia yang diunggah di channel YouTube PKSTV dengan lagu Gad Elbaz berjudul Hashem Melech. Dalam situs jakartamajubersama.com, tertulis bahwa lagu Kobarkan Semangat Indonesia diterbitkan lebih dulu pada April 2014. Sementara lagu band Israel yang merujuk pada milik Gad Elbaz baru diterbitkan Januari 2016.

Dalam laman Wikipedia milik Gad Elbaz tertulis bahwa ia menciptakan lagu Hashem Melech pada tahun 2013. Dalam deskripsinya tertulis bahwa melodi dari lagu itu memang berdasarkan pada lagu berjudul C'est la Vie dari Khaled milik pemusik asal Aljazair yang digubah tahun 2012.

Perbincangan tentang kemiripan materi kampanye Anies-Sandi dengan lagu pop rohani Yahudi milik Gad Elbaz sempat mencuat di media sosial pada Kamis (6/4). Keramaian terkait jiplak-menjiplak konten dan materi kampanye beberapa hari terakhir menyudutkan pasangan nomor urut tiga di Pilkada DKI Jakarta tersebut. Mulai dari lagu Kobarkan Semangat hingga desain Kartu Jakarta Plus yang disebut mengambil gambar ondel-ondel dari internet tanpa izin seniman. [ipk]

Komentar Pembaca
Djarot Jangan Seperti Ahok

Djarot Jangan Seperti Ahok

MINGGU, 28 MEI 2017 , 15:00:00

Doktrin Takfiri Polisi Dianggap Kafir

Doktrin Takfiri Polisi Dianggap Kafir

SABTU, 27 MEI 2017 , 12:00:00

Tak Ada Riba Di BPJS Kesehatan

Tak Ada Riba Di BPJS Kesehatan

SABTU, 27 MEI 2017 , 10:00:00

Tamu Rusia

Tamu Rusia

SELASA, 23 MEI 2017 , 20:40:00

Pawai Obor

Pawai Obor

JUM'AT, 26 MEI 2017 , 00:44:00

Kunjungi Korban Bom

Kunjungi Korban Bom

KAMIS, 25 MEI 2017 , 18:17:00