Kemenangan Anies-Sandi Sudah Ditebak WDI

 JUM'AT, 21 APRIL 2017 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kemenangan Anies-Sandi Sudah Ditebak WDI

Anies-Sandi/NET

RMOL. Pilgub DKI Jakarta 2017 membuat berbagai ahli teknologi memiliki peran aktif, salah satunya PT Warung Data Indonesia (WDI) meluncurkan rilis pemenang pilgub melalui teknologi big data.

Menurut Direktur Utama PT WDI, Rozy, riuhnya pilgub begitu terasa sejak awal bulan Desember 2016.

"Hal ini memicu kami untuk membuktikan bahwa berdasarkan kecukupan data terhadap perilaku netizen di dunia maya. Kami dari tim Data Scientist WDI mengupas habis sang 'mesin' dibalik kemenangan paslon Anies-Sandi pada Pilkada DKI putaran kedua yang berakhir sesuai dengan prediksi mesin kami," kata Rozy melalui siaran elektronik, Jumat (21/4).

Rozy menuturkan, penguji mesin diawali dengan permintaan untuk uji coba kemampuan prediksi, analisa dan kecakapan mesin terhadap pesta demokrasi warga Jakarta.

"Ini sebuah pertaruhan bagi kami. Dengan teliti kami melakukan proses pemuktahiran algoritma-algoritma pada mesin 'dukun' ini," ujar Rozy.

Kejatuhan pasangan Basuki-Djarot juga sudah diramalkan seperti terlihat jelas keseluruhan analisa terhadap tiga paslon dengan kekuatan masing-masing yang merupakan hasil pengambilan data amat besar (big data) dari sumber-sumber di internet untuk tiga pasangan

Lebih lanjut Rozy menyebutkan sejak itu sampai Januari, pihaknya membiarkan mesin terus bekerja secara Maksimal.

"Kami menghabiskan sumber daya yang sangat besar. Kami mengindeks data tersebut sebelum diolah oleh sistem Natural Language Processing kami. Kesulitan pada proses analisa Bahasa Indonesia sudah lama kami pecahkan, seperti kemampuan mengenali idiom, ambiguitas, sentimentasi, entitas, substitusi, resume, topik, clustering dan hal-hal teknis lainnya," lanjut Rozy.

WDI juga merilis prediksi kemenangan pasangan Ahok-Djarot pada 12 Februari 2017, serta posisi suara bagi masing-masing paslon dengan hasil yang tepat sebelum pilkada dimulai.

Selain itu, kemenangan Anies-Sandi terprediksi kemampuan melihat posisi lawan, prediksi hasil akhir sampai dengan tujuh hari ke depan, dan kemampuan menganalisa setiap entitas terkait dengan kata kunci apapapun di waktu nyata (realtime), dapat menjadi kompas dan peta pada garis depan jelasnya.

Sedangkan pada hari H Pilgub DKI Putaran kedua, pada pukul 12:28 WIB, disaat pemilih masih sibuk memberikan suaranya dan agen-agen statistik mencari exit poll serta menunggu suara masuk, WDI merilis kembali prediksi pemenang Pilkada DKI putaran kedua.

"Untuk prediksi kemarin bisa dicocokan dengan data quick count KPU," pungkas Rozy. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Salaman

Salaman

RABU, 22 NOVEMBER 2017 , 16:38:00