Lulung Tak Yakin Djarot Rampungkan Program Jokowi-Ahok

Politik  JUM'AT, 16 JUNI 2017 , 13:10:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Lulung Tak Yakin Djarot Rampungkan Program Jokowi-Ahok

Lulung/Net

RMOL. Sederet program Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok) yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2017, mustahil dilaksanakan seluruhnya oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat yang hanya memiliki waktu empat bulan berkuasa di ibukota.

Begitu diungkapkan Wakil Ketua DPRD DKI, Abraham Lunggana alias Lulung, kepada wartawqan, Jumat (16/6).

"Sulit rasanya kalau RPJMD yang disusun Jokowi-Ahok pada 2012 lalu diselesaikan oleh Djarot dalam waktu empat bulan. Banyak yang tidak tercapai, lihat saja besaran anggaran. Diakhir tahun itu targetnya sekitar Rp 120 triliun, faktanya masih sekitar Rp 70 triliun," kata Lulung.

Menurut Lulung, tidak terwujudnya RPJMD 2012-2017 yang disusun dan dijalankan oleh tiga gubernur ini akibat penyusunan RPJMD terburu-buru, khususnya pencapaian target anggaran tahunan.

Untuk itu, Lulung berharap Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno tidak terburu-buru dan melihat secara realistis kebutuhan warga DKI Jakarta.

Selain itu, lanjut Lulung, terhambatnya pencapaian janji-janji yang tertuang di visi-misi RPJMD diperparah oleh buruknya komunikasi Ahok dan penggunaan dana pihak ketiga dalam pembangunan. Sehingga, penyerapan menjadi rendah dan masyarakat tidak merasakan pembangunan secara langsung.

"Saya melihat ini ada semacam tidak percaya diri yang memilih menggunakan CSR. Akhirnya penyerapan tidak tercapai. Sehingga RPJMD tidak tercapai," ujar Lulung.

Dengan sisa waktu sekitar empat bulan melanjutkan kepemimpinan Jokowi dan Ahok, Lulung berharap Djarot dapat membantu penyusunan RPJMD dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2018. [ipk]

Komentar Pembaca
Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

Ketua DPR: Pro Jokowi Juga Harus Ditindak!

SENIN, 07 MEI 2018 , 19:00:00

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

PKS: Pemikiran Ekonomi Rizal Ramli Brilian

SENIN, 07 MEI 2018 , 17:00:00

Rumah Nyaman Nelayan Senang

Rumah Nyaman Nelayan Senang

SENIN, 07 MEI 2018 , 15:00:00