Landasan CSR Sinar Mas Land; People, Planet dan Profit

Ekonomi  MINGGU, 16 JULI 2017 , 16:33:00 WIB | LAPORAN: LOPI KASIM

Landasan CSR Sinar Mas Land; People, Planet dan Profit

Foto/Istimewa

RMOL. Dalam kegiatan CSR, Sinar Mas Land berpedoman terhadap Sustainable Development Goals (SDG) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Antaranya menghapus kemiskinan, memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan adil, membuat kota dan permukiman manusia yang berkelanjutan serta mengambil tindakan dalam perubahan iklim.

"Pada dasarnya program CSR Sinar Mas Land selalu sejalan dengan program-program pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah Daerah, selama masih berorientasi pada kepentingan buat masyarakat banyak," ujar Dhony Rahadjoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land, yang diantaranya membidangi kegiatan CSR.

Tiga hal yang menjadi fokus utama program CSR Sinar Mas Land, lanjut Dhony, yaitu people, planet, dan profit.

Program Bedah Rumah misalnya, yaitu melakukan pembangunan pada rumah penduduk yang sangat parah kondisinya sehingga menjadi layak pakai dan manusiawi. Program ini juga sekaligus akan memperbaiki lingkungan yang tadinya kumuh menjadi lingkungan yang nyaman sehingga penghuninya merasa lebih tenang dalam bekerja dan mencari nafkah.

Terbaru, kegiatan CSR Sinar Mas Land, disamping program-program yang terlebih dahulu ada dan terus menerus dilakukan adalah pengembangan Pasar Sehat dan Pasar Rakyat School.

Seperti publik telah mengetahui, Sinar Mas Land adalah pelopor pembangunan pasar moderen yang saat ini menjadi percontohan untuk pembangunan Pasar Moderen di berbagai daerah. Namun tidak  berhenti sampai membangun dan mengelolanya saja, melainkan terus menerus melakukan pengembangan baik untuk meningkatkan pelayanan pada konsumen maupun peningkatan keterampilan managemen para pedagang yang berada di Pasar Moderen tersebut.

Program yang disebut Pengembangan Pasar Sehat misalya dengan membangun mini labolatorium yang dipergunakan  untuk melakukan pengetesan secara random dan periodik terhadap barang-barang yang dijual di Pasar Moderen BSD agar terbebas dari bahan-bahan berbahaya. Sehingga konsumen mendapatkan barang-barang yang berkualitas.

Sedangkan untuk para pedagang dibuat kegiatan Pasar Rakyat School yang bertujuan untuk meningkatkan capacity building dari pelaku UMKM yang ada di Pasar Modern Sinar Mas Land denganmateri yang berbeda-bedasetiapbulannya. Pengetahuan tentang bahan-bahan berbahaya dalam makanan, tata laksana pangan, micro financing dan sebagainya.

"Adapun pengisi materi dalam Pasar Rakyat School ini kami menggandeng institusi-institusi terkait seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan, Universitas PrasetiyaMulya dan Bank BRI yang memberikan materi tentang bagaimana berhubungan dengan lembaga keuangan, misalnya untuk penambahan modal dalam pengembangan usahanya," kata Dhonny Rahadjoe.

Sedangkan program lainnya, Beasiswa untuk mencetak programmer. "Program yang bertajuk Mendidik Anak Pinggiran Menjadi Anak Global ini bertujuan untuk mendidik anak-anak berprestasi dan putus sekolah dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi," ujar Dhonny.

Program yang dilakukan secara gratis ini bekerja sama dengan GeeksFarm yang merupakan  suatu lembaga pendidikan pelatihan teknologi informasi untuk melatih orang-orang yang gemar dan tertarik di dunia teknologi untuk menjadi programmer profesional.

Seperti pelatihan programming untuk pekerja profesional, siswa sekolah menengah bahkan sampai pelatihan untuk perusahaan startup yang meliputi validasi ide, penjelasan tentang model bisnis dan proses bisnis yang baik termasuk cara menggunakan media sosial. Kini teknologi telah menjadi fokus kehidupan, namun tidak semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang berkesan mahal ini, sebab itu Sinar Mas Land memberikan kesempatam bagi anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi.

"Makin banyak orang (people) yang bisa mengenyam pendidikan untuk meningkatkan keterampilannya tentu perilakunya terhadap lingkungan masyarakat (planet)  akan lebih baik, berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi secara lebih besar lagi (profit). Itulah yang menjadi basic kegiatan CSR Sinar Mas Land," pungkas Dhony. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Salaman

Salaman

RABU, 22 NOVEMBER 2017 , 16:38:00