BSD City Bersama iCIO Community Kembangkan Jaringan dan Hubungan di Bidang TIK

Ekonomi  MINGGU, 16 JULI 2017 , 19:05:00 WIB | LAPORAN: LOPI KASIM

BSD City Bersama iCIO Community Kembangkan Jaringan dan Hubungan di Bidang TIK

Foto/Sinar Mas Land

RMOL. Sinar Mas Land melalui BSD City bersama dengan iCIO Community menggelar acara Halal Bi Halal dan Charity Night di The Breeze BSD City yang terletak di kawasan BSD Green Office Park.

Dalam acara, iCIO Community membuka kesempatan bagi para pengambil keputusan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari perusahaan dan organisasi di seluruh Indonesia untuk membangun jaringan dan hubungan baik dengan para koleganya di bidang yang sama maupun eksekutif lainnya. Hal itu sangat penting bagi para Chief Information Officer untuk terus meningkatkan kinerjanya.

"iCIO Community ingin terus meningkatkan hubungan baik antar anggotanya yang mendorong interaksi dan pertukaran pengetahuan, pengalaman, serta insights praktik-praktik terbaik di bidang bisnis dan digital. Kami semua selaku CIO menghadapi tekanan dan tantangan yang sama sehingga kesempatan untuk sharing dan saling belajar satu dengan yang lainnya menjadi sangat penting. Melalui iCIO Community kami berharap bisa memfasilitasi sharing terkait inisiatif TIK hingga tren bisnis dan masa depan," kata Agus Wicaksono, Chairman iCIO Community dalam keterangannya.

BSD City kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT (Information Technology) bertaraf national dan internasional di antaranya IESE (Indonesia E - Commerce Summit and Expo) serta Indonesia Fintech Festival and Conference. Kedua perhelatan tersebut dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Hal itu sejalan dengan transformasi BSD City yang fokus mengembangkan BSD City sebagai pionir kota pintar berbasis digital yang terintegrasi (integrated smart digital city).

Perubahan pola kehidupan penghuni BSD City seiring perkembangan teknologi menjadi landasan Sinar Mas Land untuk melakukan inovasi lewat implementasi pelayanan ICT (Information Communications Technology) yang kini telah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat dan komunitas di berbagai belahan dunia.

Irvan Yasni, Chief Technology Officer Sinar Mas Land mengatakan, merupakan sebuah kebahagiaan mendukung dan menjadi tuan rumah bagi sebuah acara yang dihadiri para Chief Information Officer dari berbagai latar belakang industri yang berbeda.

"Sinar Mas Land percaya kota yang sukses dan berkembang di masa depan adalah kota yang dapat memberdayakan informasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan, dan dengan terselenggaranya acara ini menjadikan Sinar Mas Land melalui BSD City menjadi tempat yang semakin dipercaya untuk berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai event di bidang teknologi," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, kegiatan Halal Bi Halal dan Charity Night 2017 ini diselenggarakan sekaligus untuk membantu Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia. Bantuan tersebut diharapkan dapat merealisasikan visinya untuk memenuhi hak setiap anak Indonesia yang menderita kanker mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun hak bermain walaupun dalam keadaan sakit.

Komitmen iCIO Community untuk Pemanfaatan TIK di Indonesia secara berkelanjutan iCIO Community juga terus berkontribusi dalam upaya pemanfaatan TIK secara berkelanjutan oleh berbagai organisasi pemerintahan. Sejak awal Maret 2017, iCIO Community membantu Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat IT Master Plan. iCIO Community ingin menjadi mitra pemerintah dalam merumuskan berbagai kebijakan untuk menjawab berbagai tantangan yang muncul sebagai konsekuensi perkembangan TIK yang sangat cepat dan berimplikasi pada ekonomi, negara, bisnis hingga masyarakat yang lebih luas.

Dengan pengetahuan dan pengalaman kolektif 200 lebih anggotanya dalam penerapan dan pemanfaatan TIK, iCIO Community merupakan aset nasional yang siap berkontribusi dalam pembangunan TIK dan industri di Indonesia. Informasi selengkapnya mengenai iCIO Community bisa diakses melalui situsnya di ciocommunity.org.

Dalam mengembangakan integrated smart digital city, BSD City tidak hanya akan dilengkapi dengan jaringan infrastruktur teknologi namun juga dilengkapi dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City.

Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Sinar Mas Land berupaya agar semua masyarakat yang menghuni wilayah BSD City memiliki sarana dan prasarana berkualitas, mendapatkan kualitas kehidupan terbaik serta kemudahan dalam berbagai macam hal, salah satunya dalam konteks kali ini yaitu dalam hal bertransaksi dengan aplikasi mobile yang terintegrasi tersebut.

Fase pertama yang dilakukan BSD City adalah membuat beberapa mobile apps yang sifatnya standar, ditujukan untuk membantu kehidupan penghuni BSD City. Selain itu ada beberapa yang sifatnya ditujukan untuk community services dan dibangun untuk masyarakat BSD City seperti surveillance camera untuk security atau traffic.

"Beberapa yang dapat kita capai pada 2016 ini adalah yang bersifat standar, seperti melihat membayar bill atau membeli tiket," terang Irvan Yasni. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00