Kapolres Simalungun Harus Diberi Sanksi Tegas

Pengunjung Hiburan Malam Dicekoki Miras Hingga Kritis

Nasional  SENIN, 17 JULI 2017 , 10:31:00 WIB | LAPORAN: ANDHIKA TIRTA SAPUTRA

Kapolres Simalungun Harus Diberi Sanksi Tegas

AKBP Marudut Liberty Panjaitan/Net

RMOL. Prilaku Kapolres Simalungun, Sumatera Utara, AKBP Marudut Liberty Panjaitan telah mencoreng institusi kepolisian. Dia diduga mencekoki minuman keras (Miras) kepada seorang pengunjung hiburan malam, yang saat ini kondisinya kritis.

Pengamat kepolisian, Bambang Widodo Umar menyesalkan prilaku bekas Kapolsek Kelapa Gading itu. Bambang pun meminta AKBP Marudut ditindak tegas.

"Menghadapi kasus seperti di Simalungun dan kasus indisipliner polisi, yang dilakukan oleh bawahan maupun atasan seharusnya sama, ditindak tegas," kata Bambang kepada wartawan, Senin (17/7).

Lebih lanjut, dosen pascasarjana kajian ilmu kepolisian Universitas Indonesia (UI) ini menerangkan, jangan sampai hanya diserahkan ke pimpinan tapi tanpa adanya sanksi.

"Jangan tidak ada tindakan (sanksi) apa-apa," kata Bambang.

Ditambahkannya, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) seharusnya menjalankan tupoksinya untuk mendukung profesionalitas Polri.

"Saya amati (Kompolnas) seperti menjai disfungsi, bukan mengawasi aktifitas polisi tapi malah menjadi semacam corong untuk pembenaran langkah polisi yang diduga menyimpang," kata Bambang.

"Sebab ini keliru, Kompolnas semestinya kembali pada fungsi sebagai pengawas kepolisian secara obyektif. Jangan bertindak subyektif," pungkas Bambang.

Ahli hukum dari Universitas Padjadjaran, Indra Perwira menambahkan, polisi seharusnya menjaga semangatnya sebagai pengayom masyarakat.

"Prinsipnya adalah semangat dan contoh. Yaitu sebagai teladan dan menjaga keamanan keselamatan seluruh lapisan masyarakat. Harus ada klarifikasi dan tindakan dari pimpinan pusat dari yang telah dilakukan Kapolres Simalungun," tegas Indra.

Sedangkan Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw membantah rekaman video Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, yang memaksa Boby meminum minuman keras. Menurutnya, Boby adalah kerabat lama Liberty.

"Pertama-tama, itu bukan dicekoki. Dicekoki kan artinya orang dalam keadaan tidak berdaya, dipaksa minum. Jadi saya sudah meminta konfirmasi Kapolres yang bersangkutan. Kapolres mengatakan orang itu teman lama, sipil," kata Paulus saat dikonfirmasi, Kamis (13/7).

Diketahui, di situs berbagi video YouTube yang telah ramai diperbincangkan, Hermanto Purba alias Bobby dicekoki miras oleh AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Rabu (12/7) dinihari. Akibatnya, kondisi Bobby saat ini dalam keadaan kritis. [ipk]

Komentar Pembaca
Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

Eks Gubernur Papua: Saya Menyesal Jadi WNI!

KAMIS, 09 NOVEMBER 2017 , 15:00:00

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

Elektabilitas Rendah, Cak Imin Kepedean

RABU, 08 NOVEMBER 2017 , 13:00:00

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

Soal Reklamasi, Anies Jangan Cuci Tangan

SELASA, 07 NOVEMBER 2017 , 19:00:00

Terima Laporan Kunjungan

Terima Laporan Kunjungan

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 01:24:00

Bahas Pahlawan Zaman <i>Now</i>

Bahas Pahlawan Zaman Now

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 04:59:00

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

Membahas Perkembangan Islam Di Ukraina

SELASA, 14 NOVEMBER 2017 , 10:31:00