Perppu Pembubaran Ormas Demi Kepentingan Nasional dan NKRI

Ragam  SENIN, 17 JULI 2017 , 17:08:00 WIB | LAPORAN: ANDHIKA TIRTA SAPUTRA

Perppu Pembubaran Ormas Demi Kepentingan Nasional dan NKRI

Heru Budi/Net

RMOL. Penerbitan Perppu 2/2017 tentang pembubaran ormas yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo dinilai sebuah langkah tepat.

Heru Budi Wasesa, alumnus Universitas Pertahanan mengatakan, Perppu ini memiliki semangat untuk melindungi kepentingan keamanan nasional dan NKRI dari gerakan radikal yang bertujuan mengganti ideologi Pancasila.

"Pemerintah memang harus hadir dalam rangka memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Perppu ini sendiri untuk melindungi keamanan Nasional dan NKRI," kata Heru di Jakarta, Senin (17/7).

Heru pun mengapresiasi kebijakan pemerintah dengan mengeluarkan Perppu pembubaran Ormas yang dinilai akan melindungi kepentingan bangsa secara luas.

"Jangan biarkan semua orang bebas bablas tanpa kontrol, tanpa kendali. Dan orang menyalahgunakan kebebasan," kata Budi.

Kendati demikian, Heru meminta Pemerintah lebih gecar melakukan sosialisasi guna memberikan pemahaman pada masyarakat tentang bahaya gerakan radikalisme yang memgganggu keutuhan NKRI.

"Dan yang lebih penting adalah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Heru.

Pemerintah resmi mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Masyarakat.

Dengan Perppu tersebut, pemerintah lebih mudah membubarkan organisasi masyarakat yang dinilai melanggar aturan yang sudah ditentukan. [ipk]

Komentar Pembaca
SBY-Prabowo Mengancam Petahana

SBY-Prabowo Mengancam Petahana

KAMIS, 27 JULI 2017 , 19:00:00

Pimpinan KPK Terbukti Lalai

Pimpinan KPK Terbukti Lalai

KAMIS, 27 JULI 2017 , 15:00:00

Ada Niat Buruk Di Pansus KPK

Ada Niat Buruk Di Pansus KPK

RABU, 26 JULI 2017 , 23:00:00