Pansus Angket KPK Jalan Terus Meski Novanto Jadi Tersangka

Politik  SENIN, 17 JULI 2017 , 20:12:00 WIB | LAPORAN: ANDHIKA TIRTA SAPUTRA

Pansus Angket KPK Jalan Terus Meski Novanto Jadi Tersangka

Ahmad Sharoni/Net

RMOL. Panitia khusus (Pansus) Hak Angket DPR untuk KPK tetap jalan terus meski lembaga anti korupsi itu telah menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Begitu ditegaskan Anggota Komisi III DPR, Ahmad Sahroni kepada wartawan, di Jakarta, Senin malam (17/7).

"Pansus angket KPK tetap jalan terus tanpa terpengaruh penetapan tersangka seseorang," kata Sahroni.

Sahroni menegaskan, pembentukan Pansus Angket KPK memang tidak didasari untuk menghalangi kinerja lembaga anti rasuah itu dalam memberantas korupsi.

"Angket ini bukan soal e-KTP, bukan soal BLBI, ini murni sebagai bentuk pengawasan dan kontrol terhadap kinerja KPK sebagai mitra kerja kita, yang selama ini belum terjawab dalam rapat-rapat dengan Komisi III DPR," kata politikus Partai NasDem ini.

Inisiator Hak Angket KPK ini menyayangkan opini yang berkembang selama ini di masyarakat, bahwa hak angket merupakan upaya untuk melemahkan KPK.

Dirinya yakin, bergulirnya hak angket tidak akan mengganggu proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh KPK, termasuk kasus e-KTP. Bahkan dirinya mendukung agar kasus-kasus yang tengah ditangani KPK segera dituntaskan.

"Kita tidak mau mencampuri semua kasus hukum yang sedang ditangani KPK. Tujuan kita mau melakukan pengawasan sebagai mitra kerja," tegasnya. [ipk]

Komentar Pembaca
SBY-Prabowo Mengancam Petahana

SBY-Prabowo Mengancam Petahana

KAMIS, 27 JULI 2017 , 19:00:00

Pimpinan KPK Terbukti Lalai

Pimpinan KPK Terbukti Lalai

KAMIS, 27 JULI 2017 , 15:00:00

Ada Niat Buruk Di Pansus KPK

Ada Niat Buruk Di Pansus KPK

RABU, 26 JULI 2017 , 23:00:00