Perppu Bakal Kembalikan Otoritarianisme Negara

Politik  KAMIS, 20 JULI 2017 , 10:34:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Perppu Bakal Kembalikan Otoritarianisme Negara

Net

RMOL. Ketua DPW Gema Keadilan DKI Jakarta, Ardy Purnawan Sani menyayangkan tindakan pemerintah yang membubarkan Ormas Hitzbut Tahrir Indonesia (HTI). Sebab hal ini menjadi langkah mundur bagi kemajuan demokrasi di Indonesia yang telah dilindungi oleh UUD setelah reformasi.

"Kemerdekaan berserikat dan berkumpul itu dijamin oleh konstitusi. Maka, Perppu Nomor 2 Tahun 2017  berpotensi menghadirkan kembali otoritarianisme negara seperti era Orde Baru silam. Maka, bukan tidak mungkin akan ditolak oleh DPR secara politik dan mudah diujimaterikan di MK," kata Ardy melalui pesan elektroniknya, Kamis (20/7).

Ardy juga mendukung langkah HTI yang akan menguji materikan Perppu ini ke MK. Langkah ini patut diapresiasi sebagai bentuk kepatuhan HTI dalam negara hukum.

"Uji Materi Perppu ini ke MK oleh HTI sekaligus membantah HTI melawan bahkan ingin mengganti ideologi negara, yaitu Pancasila. HTI tidak punya kekuatan militer. Yang dia punya hanya kekuatan wacana ke publik. Tidak layak negara mengatur pemikiran seseorang atau kelompok, yang tidak tepat jika paham tersebut sudah disebarkan untuk berpotensi makar. HTI sejauh ini tidak mengarah ke sana," tegas Ardy.

Diketahui, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM mencabut status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Dengan demikian, HTI resmi dibubarkan pemerintah.

Pencabutan dilakukan sebagai tindaklanjut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

"Maka dengan mengacu pada ketentuan Perppu tersebut terhadap status badan hukum HTI dicabut," ujar Dirjen AHU Kemenkumham Freddy Harris dalam jumpa pers di gedung Kemenkumham, Jakarta, Rabu (19/7). [ipk]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00